Kompas.com - 03/08/2018, 11:02 WIB
Penampilan peserta cabang lomba musik etnik yang digelar di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak (2/8/2018) KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWANPenampilan peserta cabang lomba musik etnik yang digelar di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak (2/8/2018)


PONTIANAK, KOMPAS.com - Rangkaian Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII yang dipusatkan di Pontianak, Kalimantan Barat dimeriahkan dengan 12 cabang lomba olah vokal, termasuk diantaranya lomba Musik Etnik.

Sebanyak 29 dari 34 kontingen provinsi se-Indonesia mengikuti cabang lomba musik etnik yang dilaksanakan di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak pada hari Kamis, 2 Agustus 2018.

Perlombaan musik etnik ini dibagi dalam tiga sesi yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 22.00 WIB malam. Masing-masing peserta menampilkan olah vokal yang dipadu dengan gerak tarian khas yang diiringi alat musik tradisional dari daerah masing-masing.

Penampilan peserta cabang lomba musik etnik yang digelar di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak (2/8/2018)KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Penampilan peserta cabang lomba musik etnik yang digelar di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak (2/8/2018)

Ketua Umum Panitia Pesparawi Nasional XII, Karolin Margret Natasa mengungkapkan, Pesparawi merupakan salah satu bentuk kegiatan kerohanian yang sekaligus sebagai upaya untuk memperhatikan, menghargai dan mendorong serta mengembangkan seni budaya khususnya di bidang vokal dan musik yang bernafaskan keagamaan.

"Pesparawi juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas seni budaya yang hidup dalam tata ibadah umat Kristiani, sekaligus memelihara dan melestarikan budaya," ujar Karolin, Kamis (2/8/2018).

Melalui Pesparawi, sambung Karolin, juga diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan, potensi dan kegiatan pembangunan dari seluruh wilayah tanah air.

Rangkaian musik etnik ini pun mendapat sambutan hangat yang positif dari pengunjung. Tak hanya pengunjung dari masing-masing kontingen, namun juga masyarakat kota Pontianak dan sekitarnya yang antusias hadir menyaksikan even tiga tahunan ini.

Penampilan peserta cabang lomba musik etnik yang digelar di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak (2/8/2018)KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Penampilan peserta cabang lomba musik etnik yang digelar di Rumah Radakng, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak (2/8/2018)

Perhelatan Pesparawi Nasional XII yang diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat secara resmi dibuka pada Senin, (30/7/2018) malam.

Kemeriahan pembukaan diawali dengan defile kontingen dari 34 provinsi se-Indonesia, dengan total peserta mencapai 7.760 orang.

Perhelatan akbar umat Kristiani yang sejatinya akan dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo ini, berlangsung meriah dengan menampilkan tarian kolosal yang dibawakan oleh 700-an penari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.