Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Seni Istana Negara RI Dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia

Kompas.com - 03/08/2018, 16:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia kembali diselenggarakan sepanjang Agustus 2018 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Dengan tema "Indonesia Semangat Dunia", pameran ini menampilkan 45 karya lukisan, patung, kriya, kristal, dan arsip yang mengisahkan kisah-kisah perjuangan mengekspresikan semangat bangsa Indonesia termasuk Asian Games 1962.

"Kita lihat bahwa Asian Games perayaan olah raga, kita mau buat olah seni. dmDalam perjuangan juga ada ada keberagaman, kreativitas, mendunia, dan masa depan," jelas kurator Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Amir Sidharta, di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Patung hadiah dari angkatan bersenjata Uni Soviet kepada Soekarno dipamerkan dalam Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Patung hadiah dari angkatan bersenjata Uni Soviet kepada Soekarno dipamerkan dalam Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Total ada karya dari 34 seniman besar Indonesia dan luar negeri yang karyanya dikoleksi oleh Istana Kepresidenan Republik Indonesia sejak zaman Soekarno. Beberapa karya maestro seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Nyoman Gunarsi, dan masih banyak lainnya.

Selain pameran karya seni, pengunjung juga dapat ikut dalam berbagai rangkaian acara yang telah disiapkan panitia. Ada workshop membuat sketsa dari KamiSketsa GalNas, program bimbingan edukasi menjadi apresiator seni, dan lomba lukisa kolektif pelajar tingkat nasional.

Semua kegiatan tak dipungut biaya alias gratis, termasuk untuk menikmati pameran. Waktu kunjungan berlangsung setiap hari dari pukul 10.00-20.00 WIB, kecuali pada Hari Raya Idul Adha (22/8) ditutup.

Pengunjung menyaksikan Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Pengunjung menyaksikan Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga dari Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia, yang pertama kali diselenggarakan 2016.

Sebuah kesempatan langka yang sayang untuk dilewatkan untuk menyaksikan langsung karya seni koleksi yang biasa dipajang di Istana Kepresidenan RI di Bogor, Yogyakarta, Jakarta, dan Cipanas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com