BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Citi Indonesia

Mencari Kebahagiaan? Coba Berlibur ke Tempat Ini

Kompas.com - 03/08/2018, 16:52 WIB
Haris Prahara,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hidup adalah anugerah. Begitulah pepatah bijak yang mungkin terus relevan sepanjang hayat.

Tak perlu pusing memikirkan cara mensyukuri nikmat kehidupan itu. Sejatinya, ada banyak cara loh mewujudkannya. Misalnya, dengan berlibur ke negara-negara di belahan bumi lain.

Selain melepas diri dari rutinitas, liburan ke negara lain juga mampu meningkatkan eksistensi diri.

Ya, seiring geliat media sosial, setiap wisatawan pun berlomba-lomba mengunggah kisah perjalananannya. Semakin unik, bisa semakin menimbulkan kebanggaan.

Pertanyaan selanjutnya, mau liburan ke negara mana? Jumlah negara di dunia paling tidak ada 200, wajar saja bila terkadang kita galau menentukan tujuan wisata selanjutnya.

Jika bingung, World Happiness Report 2018 yang baru dirilis April lalu mungkin bisa menjadi suatu rujukan.

Sebab, kita bisa berlibur plus merasakan langsung bagaimana warga di belahan bumi lain merayakan kebahagiaan hidupnya. Siapa tahu, bahagia itu menular kepada Anda dan terus melekat hingga kembali ke Tanah Air.

Dalam daftar 10 besar negara paling bahagia sedunia versi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tersebut, lebih dari separuhnya didominasi negara-negara Benua Biru alias Eropa. Salah satunya adalah Belanda.

Negeri Kincir Angin itu berada di peringkat ke-6. Mereka mengungguli negara Eropa lainnya, yakni Swedia.

Adapun 5 besar negara paling bahagia sedunia secara berurutan adalah Finlandia, Norwegia, Denmark, Islandia, dan Swiss.

Bukan tanpa alasan Belanda mampu meraih predikat tersebut. Melansir Forbes, Selasa (27/7/2018), warga Belanda dikenal dengan keramahannya, serta senantiasa memegang prinsip laissez-faire (membiarkan hidup berjalan apa adanya).

Jika pun kerunyaman hidup menghampiri, mereka bisa memulihkannya dengan menikmati cantiknya panorama kota.

Bunga tulip menghampar di taman-taman dengan latar belakang kincir angin. Rasanya bakal mengasyikkan untuk dinikmati dengan bersepeda.

Tak berhenti di sana, pemerintah Belanda juga rutin menggelar festival untuk menghibur warga maupun turis asing.

Hampir setiap bulan ada saja pergelaran di sana. Seperti dikutip dari laman I Amsterdam, bulan Agustus ini terdapat paling tidak 10 festival di Amsterdam, mulai dari konser musik hingga festival di air.

Ilustrasi AmsterdamSHUTTERSTOCK Ilustrasi Amsterdam
Sebagai contoh, Grachtenfestival Amsterdam. Festival kanal ini dijadwalkan berlangsung medio Agustus mendatang dan rutin digelar setiap musim panas di jantung Kota Amsterdam. 

Asal tahu saja, sejak 2010, kanal-kanal di Amsterdam telah mendapatkan pengakuan sebagai situs bersejarah dunia dari Organisasi Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO).

Beriringan dengan Grachtenfestival Amsterdam, terdapat pula sejumlah pergelaran lain yang bergulir, seperti De Parade Theatre Festival, ajang yang ditujukan khusus bagi para pencinta seni peran.

Sediakan waktu

Festival-festival yang disebut di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak pergelaran yang diselenggarakan pemerintah setempat.

Bila seperti itu, rasanya sayang jika berlibur hanya sesaat di sana. Luangkanlah waktu paling tidak seminggu untuk menikmati aneka hiburan khas Negeri Tulip.

Ingat, berlibur tujuannya adalah melepas penat dan mencari kebahagiaan. Apabila terburu-buru waktu, tentunya esensi liburan itu pun seolah sirna.

Pikiran yang mungkin muncul dalam benak adalah kian lama berlibur bisa berkorelasi pula dengan banyaknya keperluan barang bawaan, utamanya pakaian.

Tenang saja, tak perlu takut kelebihan beban karena kini hadir sejumlah layanan bagasi ekstra tanpa biaya.

Contohnya, dengan memanfaatkan Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi, Anda sudah bisa mendapatkan bagasi tambahan hingga 20 kilogram. Anda pun dapat mengemas barang bawaan dengan lebih tenang, tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk bagasi.

Adapun cara mengajukan Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi dapat dilihat di sini  dan Anda berpeluang mendapatkan bonus 12.500 GarudaMiles serta potongan harga tiket pesawat hingga 50 persen.

Untuk informasi selengkapnya, silakan mengeklik tautan berikut ini.

Baiklah, selamat berlibur dan selamat bahagia!

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com