5 Fakta tentang Gili Lawa yang Kini Hangus Terbakar - Kompas.com

5 Fakta tentang Gili Lawa yang Kini Hangus Terbakar

Kompas.com - 03/08/2018, 20:00 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan. KOMPAS/HERU SRI KUMORO Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan.


JAKARTA, KOMPAS.comWisatawan yang berkunjung ke Kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT) tentu bisa datang ke pulau-pulau yang ada di sana.

Salah satu pulau yang seringkali dikunjungi adalah Gililawa Darat. Namun,baru-baru ini pulau tersebut menjadi perbincangan masyarakat Indonesia lantaran terbakar.

Nah, berikut ini adalah fakta menarik dari Gililawa Darat yang dihimpun KompasTravel.

1. Bagian dari kawasan TN Komodo

Gililawa Darat merupakan pulau yang termasuk dalam kawasan TN Komodo, NTT. Lokasi pulau ini bersebelahan dengan Pulau Komodo.

Kepala Balai TN Komodo, Budhy Kurniawan mengatakan Gililawa Darat ini sendiri memiliki luas sekitar 40 hektar yang dipenuhi dengan savanna.

Lokasi 10 hektar padang rumput di seputaran Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terbakar.KOMPAS.COM/SIGIRANUS MARUTHO BERE Lokasi 10 hektar padang rumput di seputaran Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang terbakar.

2. 10 hektar lahannya hangus terbakar

Pada Rabu (1/8/2018) Gililawa Darat ini mengalami peristiwa kebakaran. Sekitar 10 hektar lahan savanna hangus terbakar.

Penyebab kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh pengunjung pulau. Namun hingga saat ini petugas masih menyelidiki lebih lanjut.

3. Salah satu spot terbaik untuk berfoto

Tak sedikit para wisatawan berkunjung ke Gililawa Darat. Tentunya karena pulau ini begitu mempesona.

Biasanya wisatawan mendaki hingga puncak pulau untuk melihat keindahan pemandangan pulau beserta laut.

Tidak sekedar dipandang, wisatawan biasanya juga mengabadikan foto, karena lokasinya disebut-sebut sebagai spot yang instagramable.

“Biasanya mereka (wisatawan) trekking ke puncak untuk foto-foto. Kemudian biasanya menunggu momen sunset, karena pemandangannya cukup indah,” ujar Budhy kepada KompasTravel saat dihubungi, Kamis (2/8/2018).

Gililawa, TN KomodoINDONESIA-TOURISM.COM Gililawa, TN Komodo

4. Pulau tidak berpenghuni

Budhy menjelaskan bahwa Gililawa Darat merupakan pulau yang tidak berpenghuni, baik itu manusia atau pun komodo. Di sana, benar-benar hanya pulau yang dipenuhi dengan savana.

5. Bisa trekking hingga snorkeling

Beragam aktivitas pun bisa dilakukan di pulau ini. Selain trekking hingga puncak pulau, wisatawan bisa menikmati bahari di sana.

“Kemudian perairannya, pantainya, pasir putih. Aktivitas baharinya snorkeling, swimming, untuk diving memang di sana bukan spot-nya,” jelas Budhy.


Komentar
Close Ads X