Ini 5 Obyek Wisata di TN Komodo Selain Gililawa Darat - Kompas.com

Ini 5 Obyek Wisata di TN Komodo Selain Gililawa Darat

Kompas.com - 04/08/2018, 07:12 WIB
Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.TAMASYEAH.COM Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.


JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa hari lalu telah terjadi peristiwa kebakaran di salah satu obyek wisata, yakni Gililawa Darat di kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Akibatnya, untuk sementara para wisatawan pun tidak dapat berkunjung dan melakukan aktivitas trekking di Gililawa Darat.

Nah, Anda tak perlu khawatir karena obyek wisata lain di TN Komodo masih bisa dikunjungi, seperti berikut ini.

Dua buah kapal yang membawa wisatawan ke Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tampak sedang membuang jangkar, Kamis (19/11/2015).KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Dua buah kapal yang membawa wisatawan ke Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur tampak sedang membuang jangkar, Kamis (19/11/2015).

1. Pulau Komodo

Rasanya Pulau Komodo tak asing lagi didengar karena menjadi tujuan utama para wisatawan saat berunjung ke TN Komodo.

Tentu saja yang tak boleh terlewatkan adalah melihat secara langsung aktivitas komodo di sana. Namun, Anda tetap harus berhati-hati ya.

Baca juga: Mengenal Gili Lawa Taman Nasional Komodo

Hingga akhir tahun 2017, di Pulau Komodo terdapat sekitar 1.377 komodo.

2. Pulau Rinca

Pilihan lain bila Anda ingin melihat komodo yakni bisa datang ke Pulau Rinca. Populasi komodo di sana terhitung masih cukup banyak.

Data hingga akhir tahun 2017 menunjukkan bahwa terdapat sekitar 1.533 komodo di pulau tersebut.

Selain itu, Anda pun bisa mendaki bukit atau pun bersantai di pinggir pantai.

3. Pantai Pink

Pantai Pink atau Pink Beach merupakan salah satu obyek wisata yang juga populer di kalangan wisatawan.

Pantai cantik bewarna merah muda ini letaknya ada di Pulau Komodo. Bila diamati, karang dan pasir yang terbawa ombak seakan-akan bersatu menghadirkan warna merah muda.

Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.KOMPAS/YOVITA ARIKA Wisatawan berfoto di puncak bukit di Pulau Padar dengan latar belakang teluk-teluk yang ada di pulau yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, tersebut, 31 Agustus 2015.

4. Pulau Padar

Di Pulau Padar juga terdapat komodo, namun saat ini jumlahnya sudah sangat sedikit. Hingga akhir tahun 2017 diperkirakan hanya ada tiga komodo yang ada di pulau tersebut.

Baca juga: Tak Hanya di TN Komodo, Si Naga Purba Juga Hidup di Pulau Flores

Meski demikian, Anda masih bisa menikmati keindahan panorama dari bukit Pulau Padar. Di sana bisa melihat panorama tiga danau di Laut Flores.

Terdapat tiga lekukan besar di kedua sisi tebing di Pulau Padar, baik yang menghadap Pulau Komodo maupun Pulau Rinca, terlihat seperti tiga tepi danau yang melingkar.

5. Pulau Kelor

TN Komodo terkenal dengan keanekaragaman sumber daya lautnya. Di Pulau Kelor biasanya para wisatawan bisa melakukan snorkeling.

Sehingga para wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan berbagai macam jenis ikan dan terumbu karang di Pulau Kelor.


Komentar
Close Ads X