Kompas.com - 05/08/2018, 14:17 WIB


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Berwisata alam di Kabupaten Gunungkidul, dI Yogyakarta, seolah tidak ada habisnya. Salah satunya di Lembah Ngingrong yang terletak di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari.

Wisatawan bisa memacu adrenalin mulai dari flying fox hingga susur gua.

Ketua Pokdarwis Desa Mulo, Suwarno mengatakan pihaknya sejak tahun 2012 bersama masyarakat setempat melakukan pembukaan wisata.

Awalnya Lembah Ngingrong merupakan lokasi sering digunakan penduduk atau masyarakat Gunungkidul untuk istirahat sambil menyaksikan panorama lembah.

Lembah Ngingrong sendiri merupakan satu dari 16 geosite Gunungsewu Geopark Network di Gunungkidul. Luasnya sekitar 10 hektar dengan kedalaman 80 meter itu terletak di pinggir jalan raya antara Mulo - Tepus.

"Karena tepat dipinggir jalan menuju pantai, sering digunakan untuk melihat lembah sembari istirahat. Di salah satu dinding ada goresan alam yang bertulis lafal Allah, sehingga sering diganakan untuk berfoto," kat Suwarno kepada Kompas.com, Jumat (3/8/2018)

Tahun 2015 Lembah Ngingrong mulai dikenal wisatawan. Tak jauh dari sana Dinas Pariwisata Gunungkidul membangun Taman Batu atau Taman Geopark di sebelah barat Lembah Ngingrong.

Pemerintah Desa Mulo bersama masyarakat pada 2016 menjadikan Lembah Ngingrong menjadi destinasi wisata yang dikelola oleh Desa Wisata Mulo.

Flyingfox di atas Lembah Ngingrong dibuat sepanjang 135 meter dengan ketinggian 78 sampai 80 meter.

"Lalu dibangun flying fox melintasi lembah sehingga pengunjung bisa menikmati lembah dengan cara berbeda," ucapnya.

Pengunjung Berfoto di Lembah yang secara alami membentuk lafal Allah di Lembah Ngingrong, Mulo, Wonosari, Gunungkidul (Dokumentasi Pokdarwis)Kompas.com/Markus Yuwono Pengunjung Berfoto di Lembah yang secara alami membentuk lafal Allah di Lembah Ngingrong, Mulo, Wonosari, Gunungkidul (Dokumentasi Pokdarwis)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.