Rencana Pembangunan Penginapan dan Restoran di TN Komodo Tuai Protes di Media Sosial

Kompas.com - 06/08/2018, 14:15 WIB
Wisatawan di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (10/5/2014).
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANAWisatawan di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (10/5/2014).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan sejumlah penginapan dan restoran di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur menuai berbagai tanggapan selebriti instagram (selebgram) dan warganet lewat tagar #savekomodo dan #savekomodonationalpark.

Beberapa aktris dan musisi pun ikut menyuarakan tanggapannya diantaranya akun @fishgood milik Akhadi Wira Satriaji alias Kaka Slank, @lunamaya milik aktris Luna Maya, dan @inijedar milik Jesica Iskandar.

"ATTENTION! Taman Nasional Komodo sedang membutuhkan bantuan dari kita semua dari semua pihak, 300 hektar di pulau padar mau di kelola Perusahaan swasta, 22.1 hektar di pulau rinca tepat di puncak tempatnya komodo biasa lewat... PLEASE help protect komodo dari tangan investor, jangan bebani punggung komodoku dengan bangunanmu, respect nenek moyang bangsa ini hidup berdampingan dengan Komodo tanpa saling ganggu, kita juga JANGAN!" tulis akun @fishgood yang disukai 16.751 warganet, Senin (6/8/2018).

Kalimat yang sama juga diunggah akun @lunamaya, yang disukai 128.470 warganet hingga siang hari, Senin (6/8/2018). Beragam komentar dukungan pun terlontar dari warganet di postingannya.

"Please do something kak luna, gunakan popularitas dan pengaruh anda untuk bantu bersama seluruh rakyat Indonesia #savekomodo..ya Allah.gak rela gw kekayaan kebanggan Indonesia ini dieklpoitasi demi semakin membuncitkan perut para investor," tutur akun @andito_restu.

(Baca juga: Sejumlah Penginapan dan Restoran Bakal Dibangun di Area TN Komodo)

Akun @inijedar menuliskan, "Rumahnya komodo lagi di obok obok investor, sarang komodo di buat tiang, jalur tempat komodo main sekarang dipagarin. Ancaman utama terhadap kelangsungan hidup komodo termasuk perburuan ilegal dan hilangnya habitat pemukiman manusia,"

Unggahan Jesica Iskandar di hari yang sama tersebut, disukai 46.912 warganet, baik pengikutnya ataupun bukan.

Postingan ketiga publik figur ini banyak diunggah ulang oleh para warganet. Hingga Senin siang, jumlah tagar #savekomodonationalpark tercatat 436 postingan, dan #savekomodo ada 1.862 postingan.

Selain bentuk dukungan, hal yang diunggah warganet umumnya memprotes pembangunan tersebut karena berlokasi di Pulau Rinca yang merupakan kawasan utama habitat satwa purba komodo yang statusnya dilindungi.

"Habis sudah gili lawa ku karna keteledoran wargamu, lalu kau tambahkan lagi pohon yang berdiri gagah hari ke hari di puncak pulau seluas 22 hektar itu, dan memiliki +/- 3000 naga terakhir di tanah air ini, yang jika kau memandangnya dari puncak bukit ini betapa kau takjub akan keindahan timur Indonesia. Lalu untuk kau jajahi, untuk kau miliki seutuhnya, demi uang," tulis akun @ken.aryuni.

Informasi yang beredar di media sosial, pembangunan akan dilakukan di Pulau Padar dan Pulau Rinca. Pembangunan sarana wisata meliputi penginapan dan restoran di dua pulau tersebut.

Foto yang beredar menggambarkan informasi "Areal Konstruksi Kegiatan Realisasi Pembangunan Sarana Wisata Alam PT. Segara Komodo Lestari".

Pembangunan akan dilakukan oleh PT. Segara Komodo Lestari di Pulau Rinca berdasarkan Surat Keputusan Badan Koordinasi Penanaman Modal nomor: 7/1/IUPSWA/PMDN/2015 tanggal 17 Desember 2015 tentang Pemberian Izin Usaha Penyediaan Sarana Wisata Alam pada Zona Pemanfaatan Taman Nasional Komodo seluas 22,1 hektar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X