Menjajal Gerbong KA Pariwisata Langganan Jokowi

Kompas.com - 07/08/2018, 11:17 WIB
Bagian dalam KA Pariwisata gerbong Jawa. KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRIBagian dalam KA Pariwisata gerbong Jawa.

KOMPAS.com - Sebut nama kereta api mewah yang jadi bucket list turis dari berbagai belahan dunia. Trans-Siberian di Rusia, Orient Express di Eropa, Maharajas’ Express di India... Bagi kebanyakan orang, menumpang kereta api semewah itu bisa jadi hanya angan-angan.

Padahal, tak perlu jauh-jauh, Indonesia juga punya kereta wisata sekelas itu. Anda bahkan bisa menentukan sendiri rutenya.

Kereta api wisata ini diluncurkan oleh PT KA Pariwisata, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Sejak diluncurkan circa 2012-2013, banyak orang yang menjadi pelanggan setia kereta wisata ini. Sebut saja orang nomor satu di Indonesia, Jokowi.

“Beberapa gerbong kereta wisata memang merupakan gerbong kepresidenan. Sejak 1967, ada tiga gerbong kepresidenan yaitu Nusantara, Bali, dan Toraja,” tutur Manager Transport & Hospotality PT KA Pariwisata, Syarifah Safia kepada KompasTravel, Jumat (3/8/2018).

Kini ada tiga gerbong yang menjadi langganan Presiden RI yaitu Nusantara, Bali, dan Toraja. Saat ini PT KA Pariwisata memiliki 15 gerbong yang terdiri dari Jawa, Bali, Sumatera, Toraja, Nusantara, dan Imperial Priority.

KompasTravel hari itu menjajal gerbong Jawa yang merupakan langganan Jokowi.

“Gerbong Jawa ini jadi langganan Jokowi, selain juga gerbong Bali,” tutur Syarifah yang biasa dipanggil Evi.

Gerbong Jawa

Anda dapat dengan mudah mengenalinya lewat tulisan “Jawa” di bagian luar gerbong kereta berwarna cokelat. Gerbong KA Pariwisata selalu digandeng dengan gerbong Eksekutif 1. Kecuali untuk RI1, pihak PT KA Pariwisata pasti membuat satu rangkaian baru.

“Untuk RI1 kami pakai KLB (Kereta Luar Biasa), satu rangkaian baru. Kalau Jokowi biasanya hanya 3-4 orang di gerbong ini (Jawa), tamu lainnya di gerbong eksekutif,” papar Evi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X