Mencicipi Makanan Singapura dari Koki Singapura di Jakarta - Kompas.com

Mencicipi Makanan Singapura dari Koki Singapura di Jakarta

Kompas.com - 08/08/2018, 08:00 WIB
Chilli Crab.DOK. Shangri-La Hotel Jakarta Chilli Crab.

JAKARTA, KOMPAS.com – Restoran prasmanan Internasional, Satoo, di Shangri-La Hotel, Jakarta, hadir kembali dengan hidangan otektik Singapura dalam rangka Singapore Culinary Week. Event ini belangsung dari tanggal 6-12 Agustus 2018.

Makanan otentik Singapura yang disajikan merupakan racikan koki lokal ternama di Singapura, Mazlan Boyamin. Ia merupakan koki lokal Singapura yang sering menyajikan kudapan khas Singapura kepada presiden dan tamu-tamu negara lainnya.

“Saya pernah menyajikan catering untuk dua presiden di Istana Singapura,” ujar juru masak tamu, Mazlan Boyamin, saat ditemui di Singapore Culinary Week, di Restoran Satoo, Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (6/8/2018).

Kuliner singapura dikenal dengan pengaruh cita rasa budaya China, China Peranakan, Melayu, dan India. Tentu rasanya sudah familiar dengan masyarakat Indonesia. Mazlan Boyamin bersama tim kuliner SATOO telah memiih beberapa menu favorit sepanjang masa di Singapura yang disukai setiap kalangan.

Berbagai masakan Singapura hadir melengkapi berbagai menu berbagai daerah yang ada di Restoran Satoo. Ada Chilli Crab, Kueh Pie Tie, Ayam Masak Merah, Laksa Singapura, Popiah Singapura, dan makanan yang saat ini sedang ramai, Salted Egg Yolk.

“Andalan saya ayam masak merah, makanan ini khas untuk pesta di Singapura. Ada juga di perayaan Kemerdekaan Singapura,” ujar Mazlan Boyamin kembali.

Laksa Singapura.DOK. Shangri-La Hotel Laksa Singapura.
KompasTravel sempat mencicipi makanan andalan lainnya, Laksa Singapura. Laksa Singapura berbeda karena adanya ‘mother sauce’ yakni saus khas yang digunakan untuk berbegai kudapan Singapura lainnya.

Mazlan juga menjelaskan, berbeda dengan Laksa khas Malaysia yang menggunakan mi kuning spaghetti, Laksa khas Singapura menggunakan mi beras berwarna putih.

Kueh Pie Tie.DOK. Shangri-La Hotel Jakarta Kueh Pie Tie.
Kudapan otentik Singapura lainnya yang wajib dicoba adalah salah satu makanan pembuka di Singapura, Kueh Pie Tee. Makanan ini berbahan dasar bengkoang, wortel, ebi kering dan saus tiram yang dibalut dengan tepung beras yang di goreng. Rasanya seperti lumpia goreng.

Selain makanan khas Singapura, Anda juga bisa menikmati berbagai makanan negara lain, seperti Indonesia, barat dan Jepang di restoran berkonsep prasmanan makan sepuasnya ini. Sajian dapat dinikmati dengan harga mulai dari Rp 358.000++ per orang.

Event ini berlangsung sekaligus merayakan Hari Nasional Singapura pada tanggal 9 Agustus mendatang.



Close Ads X