Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Kemerdekaan dan Asian Games, Ini Deretan Acara Menarik di Ancol

Kompas.com - 08/08/2018, 21:18 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia yang jatuh pada Jumat (17/8/2018) sekaligus menyambut Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta, Ancol Taman Impian menyiapkan rangkaian acara menarik.

"Tahun ini acara kita bukan hanya bertemakan hari kemerdekaan, tapi juga spirit kompetisi Asian Games, yang beberapa cabangnya kebetulan diselenggarakan di Ancol," tutur Sunarto selaku VP Taman Impian Jaya Ancol saat konfrensi pers di Resto Mang Engking, Ancol, Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Beragam kegiatan tersebut mulai dari pertunjukan musik, seaside carnival, lomba khas hari kemerdekaan hingga pengibaran bendera Merah Putih di bawah air dapat dinikmati dan diikuti oleh seluruh pengunjung. Berikut ragam acaranya:

1. Lomba Panjat 188 Pinang dan Konser Kemerdekaan di Pantai Carnaval

Seperti tahun sebelumnya, Ancol akan menggelar lomba panjat pinang kolosal. Kini jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu yaitu 188 pohon, yang masing-masingnya memiliki hadiah senilai Rp 1,5 juta.

Lomba ini dapat diikuti pada Sabtu, 18 Agustus 2018 mulai pukul 14.00 WIB di Pantai Carnaval. Masing-masing batang pohon akan diperebutkan oleh dua tim pengunjung, dengan jumlah empat orang per tim.

Untuk mengikuti kontes, peserta hanya cukup melampirkan KTP dan struk pembelian tiket masuk Ancol tanggal 18 Agustus 2018.

Lelah berlomba, peserta akan dihibur oleh Konser Kemerdekaan dengan penampilan Raja Dangdut Rhoma Irama bersama Soneta Group. Serta artis ibukota lainnya seperti Dewi Persik, Fitri Carlina, Jenita Janet dengan jebolan bintang D’Academy, dan Liga Dangdut Indonesia.

Selain panjat pinang, pengunjung bisa ikut beberapa lomba dan hiburan seperti tarik tambang, gebug bantal, lari matras, balap karung berpasangan, bakiak pasir dan lomba makan kerupuk. Semuanya dapat diikuti mulai pukul 10.00 WIB pada tanggal 17 - 19 Agustus 2018.

2. Pengibaran Bendera dan Atraksi Olahraga dalam Air di Seaworld

Prosesi rutin pengibaran bendera Merah Putih di dalam air kembali dilaksanakan di Seaworld Ancol. Namun kini dibarengi dengan atraksi cabang-cabang olahraga Asian Games, yaitu tinju, takraw, dan BMX.

Atraksi-atraksi melibatkan para penyelam profesional bersama aktris Marsha Aruan dan akan diiringi oleh lagu Indonesia Raya. Pengibaran bendera bawah air akan digelar pada tanggal 17 Agustus 2018 pukul 10.40 WIB dan prosesi penurunan bendera pukul 16.15 WIB.

Kegiatan bersepeda BMX, sepak takraw dan tinju dilakukan dibawah air dengan kedalaman 6,5 meter. Pertunjukan ini baru pertama kali digelar di akuarium utama Seaworld Ancol.

Berikut jadwal tiap atraksinya:

Atraksi sepeda bawah air (pukul 10.40 WIB), tinju (pukul 13.40), dan sepak takraw (16.15 WIB) mulai tanggal 18 – 22 Agustus 2018.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com