Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pascagempa di Lombok, 40 Turis China Dievakuasi

Kompas.com - 09/08/2018, 11:40 WIB
I Made Asdhiana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan 40 turis asal negaranya telah dievakuasi dari gili ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, setelah gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,0 pada Minggu (5/8/2018).

"Saat gempa bumi terjadi, ada sekitar 40 turis China yang berada di gili dan mereka telah dievakuasi dengan segera, dengan aman, oleh otoritas lokal ke Pulau Lombok," kata Xiao di Markas Pusat PMI Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Baca juga: Langkah Pemerintah Evakuasi Turis di Lombok Diapresiasi

Oleh karena itu, Dubes China menyampaikan terima kasih dan rasa syukur atas bantuan yang diberikan otoritas Indonesia dalam mengevakuasi turis China dan wisatawan asing lainnya setelah gempa terjadi.

"Konsul Jenderal saya di Bali telah melaporkan bahwa semua warga China yang dievakuasi dalam keadaan selamat, dan mereka merasa sangat terbantu dan bersyukur atas bantuan yang diberikan otoritas lokal," katanya.

Baca juga: BNPB: Wisatawan Jangan Cemas, Bali dan Lombok Selatan Aman Dikunjungi

Menurut Dubes Xiao, saat ini para turis China tersebut sebagian ada yang telah kembali ke negara mereka dan sebagian lainnya melanjutkan perjalanan mereka ke berbagai daerah lain di Indonesia.

"Situasi semacam ini di luar kendali kita, namun telah ditangani dengan sangat baik oleh otoritas yang berada di sana," katanya.

Wisatawan mancanegara membawa barang bawaanya saat turun dari kapal cepat di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (7/8/2018). Wisatawan, pekerja, dan warga dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno menuju Pelabuhan Bangsal untuk diberangkat ke Kota Mataram pascagempa Lombok hari kedua.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan mancanegara membawa barang bawaanya saat turun dari kapal cepat di Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Selasa (7/8/2018). Wisatawan, pekerja, dan warga dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno menuju Pelabuhan Bangsal untuk diberangkat ke Kota Mataram pascagempa Lombok hari kedua.
Sebelumnya dalam kesempatan yang sama, Dubes Xiao Qian telah menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Direktur Eksekutif PMI Ginanjar Kartasasmita yang berupa transfer dana senilai 100.000 dolar AS atau setara Rp 1,44 miliar dari Palang Merah China, serta barang-barang logistik dari Kedutaan Besar China.

Bantuan logistik dari Kedubes China tersebut berupa 2.000 tenda, 2.000 matras, dan 5.000 selimut yang akan segera disalurkan PMI karena sangat dibutuhkan para korban gempa di Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com