Pendakian di Gunung Gede Pangrango Ditutup 13-22 Agustus 2018

Kompas.com - 09/08/2018, 14:00 WIB
Penutupan kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dok. TN Gunung Gede Pangrango.Penutupan kegiatan pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) akan menutup kegiatan pendakian pada 13-22 Agustus 2018.

Penutupan kegiatan pendakian ini karena akan dilakukan pemulihan ekosistem untuk mengantisipasi kebakaran hutan, pengamanan kawasan, dan kegiatan operasi bersih gunung.

"Iya (ditutup 10 hari) oleh pengelola TNGGP," kata Humas TNGGP Ade Bagja H, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/8/2018).

Kegiatan yang akan dilakukan oleh pihak pengelola TNGGP, salah satunya adalah patroli jalur pendakian yang digunakan para pendaki.

Selain itu, ada identifikasi vegetasi dan analisa potensi kebakaran hutan sehingga dapat meminimalisasi risiko terjadinya kebakaran hutan.

Hal lain yang dilakukan adalah patroli pengamanan untuk mengantisipasi kemungkinan pendaki ilegal, serta identifikasi dan analisa persiapan pemulihan ekosistem.

Dari sejumlah kegiatan ini, pengelola TN Gunung Gede Pangrango akan menentukan tempat-tempat yang perlu ditanami pohon dan menganalisa tumbuhan apa saja yang harus ditanam di lingkungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk mendukung pemulihan ekosistem.

Ade menyampaikan, pihak pengelola TNGGP juga akan mengevaluasi pengelolaan pendakian selama tahun 2018.

Hasil evaluasi ini akan dijadikan sebagai bahan perbaikan terkait pendakian di Gunung Gede Pangrango.

Kegiatan lainnya adalah aksi membersihkan kawasan gunung.

Ade mengimbau para pendaki untuk tetap menjaga kelestarian kawasan TNGGP.

Bagi para pendaki yang membutuhkan informasi dapat mengubungi Call Center Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (0263) 519415.

Kompas TV Di Sukabumi ada sebuah jembatan gantung yang melintasi Hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X