5 Fakta Restoran Plataran Menteng, Tempat Jokowi Tunjuk Cawapres - Kompas.com

5 Fakta Restoran Plataran Menteng, Tempat Jokowi Tunjuk Cawapres

Kompas.com - 09/08/2018, 20:05 WIB
Salah satu ruang di Plataran MentengDok. Plataran Salah satu ruang di Plataran Menteng

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Widodo, Kamis (9/8/2018) pukul 16.00 WIB, bertemu ketua-ketua umum partai politik koalisi pendukungnya dan mendeklarasikan calon wakil presiden yakni Ma'ruf Amin di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat. 

Berikut adalah lima fakta mengenai Restoran Plataran Menteng yang termasuk dalam grup Plataran yang menanungi resor, hotel boutique, kapal pesiar privat, restoran, dan katering:

1. Lokasi yang strategis

Lokasi Plataran Menteng berada tepat di pusat Jakarta. Beralamat di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 42, Menteng, Jakarta Pusat. Dari Bundaran Hotel Indonesia, restoran ini berjarak 750 meter atau dapat ditempuh selama 10 menit jalan kaki.

Selain itu Menteng yang dikenal sebagai lokasi perumahan mewah, hotel, dan beberapa kedutaan besar membuat lokasi ini terbilang memiliki pengamanan yang baik.

2. Bangunan bersejarah, dekorasi apik

Gedung Plataran Menteng merupakan rumah tiga lantai dari zaman Belanda. Setiap lantai menghadirkan tema desain arsitektur dan interior yang berbeda tetapi masih dalam lingkup Hindia Belanda.

Uniknya gedung di Plataran Menteng, pernah didiami oleh dokter kandungan Tionghoa terkenal, yang telah membantu proses kelahiran banyak bayi dari tokoh ternama seperti bayi dari Keluarga Cendana.

Salah satu ruang privat di Plataran Menteng, Jakarta. Dok. Plataran Salah satu ruang privat di Plataran Menteng, Jakarta.

3. Bukan sekedar restoran

Plataran Menteng bukan sekedar restoran tempat bersantap. Ada banyak ruang privat dengan berbagai pilihan kapasitas tamu. 

Tamu bisa mengadakan rapat privat tanpa menggangu tamu lainnya. Total kapasitas muat Plataran Menteng adalah 300 orang. Lokasi ini sering menjadi tempat perhelatan pernikahan, pesta acara istimewa, atau acara perusahaan.

Hidangan di  Plataran Menteng, Jakarta. Dok. Plataran Hidangan di Plataran Menteng, Jakarta.

4. Makanan khas Nusantara

Grup Plataran terkenal fokus dengan kuliner Nusantara yang dikreasikan, tak terkecuali di Plataran Menteng. Aneka menu Nusantara seperti dedeng batokok, kari ayam deli, nasi goreng belacan, iga lada hitam, kerapu menteng, udang sriwedari menjadi pilihan bagi para tamu.

Menu Plataran Lengkap dari pembuka, makanan inti, makanan camilan, makanan penutup, dan aneka minuman tradisional.

5. Harga makanan

Harga makanan di Plataran Menteng dimulai dari Rp 40.000-an sampai ratusan ribu rupiah. Biasanya hidangan laut dihitung per ons, sesuai dengan bobot ikan, udang, atau kepiting.



Close Ads X