Aneka Makanan yang Bisa Disantap di Restoran Plataran Menteng, Tempat Jokowi Tunjuk Cawapres - Kompas.com

Aneka Makanan yang Bisa Disantap di Restoran Plataran Menteng, Tempat Jokowi Tunjuk Cawapres

Kompas.com - 09/08/2018, 21:05 WIB
Hidangan di  Plataran Menteng, Jakarta. Dok. Plataran Hidangan di Plataran Menteng, Jakarta.

 JAKARTA, KOMPAS.com - Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat menjadi lokasi pertemuan Joko Widodo dengan ketua umum partai politik koalisi pendukungnya. Di restoran ini juga akhirnya Joko Widodo mengumumkan calon wakil presiden, Ma'ruf Amin yang akan mendampinginya di Pemilihan Umum 2019.

Plataran Menteng yang terletak di Jalan HOS Cokroaminoto Nomor 42, Menteng, Jakarta Pusat terkenal sebagai salah satu restoran yang menyajikan hidangan khas Nusantara yang terkemuka di Jakarta.

Ciri khas dari restoran ini adalah nama hidangan khas Indonesia yang dibuat dengan versi kreatid. Contohnya nasi goreng keling, nasi goreng yang dibuat dari buah zaitun kalamata berwarna hitam pekat yang disajikan dengan udang, ayam, dan kerupuk.

Teh sore di Plataran Menteng.Dok. Plataran Teh sore di Plataran Menteng.
Kerapu Menteng, ikan kerapu yang dimasak goreng dengan bumbu daun mint, basil, bawang merah, serai, dan saus asam yang menyegarkan. Di sayur, ada sayur tujuh rupa dengan berbagai campuran aneka sayur, otak-otak, kembang tahu, dan saus tiram.

Bukan cuma nama yang unik, hidangan di Plataran Menteng juga memiliki sentuhan hidangan Asia, tetapi tetap dengan cita rasa khas Nusantara. Berbumbu medok, cocok disantap dengan nasi putih hangat.

Untuk minuman, pilihan minuman tradisonal seperti sekoteng, wedang ronde, es kopyor, dan es cincau hijau lychee juga dapat menjadi pilihan yang menyegarkan.

Salah satu hidangan penutup di Plataran Menteng.Dok. Plataran Salah satu hidangan penutup di Plataran Menteng.
Menu di Plataran Menteng terbilang lengkap. Dengan sajian makanan pembuka, inti, penutup, camilan, minuman tradisional, moctail, dan cocktail.

Harga hidangan di Plataran Menteng dimulai dari Rp 40.000-an.

Restoran ini juga terkenal menempati rumah tiga lantai dari zaman Belanda, dengan dekorasi apik ala Hindia Belanda.

Di tengah bangunan, ada pohon berusia ratusan tahun yang masih tetap dipertahankan. Plataran Menteng sering menjadi lokasi perhelatan pernikahan, pesta acara istimewa, atau acara perusahaan.


Close Ads X