Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Keseruan JFC Kids Carnival

Kompas.com - 10/08/2018, 20:24 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi


JEMBER, KOMPAS.com - Seperti model profesional, ratusan anak-anak di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tak canggung berjalan di catwalk jalanan sepanjang 1,8 kilometer.

Anak-anak itu tampil dalam event Kids Carnival yang menjadi rangkaian Jember Fashion Carnival (JFC) ke 17, Kamis (9/8/2018) sore.

Anak-anak itu berlenggak-lenggok menggunakan balutan kostum yang cukup mewah. Mereka juga melambaikan tangan kepada para penonton dan menebar senyum lebar.

Ada yang didampingi orang tua, namun ada pula yang berani tampil sendiri. Uniknya, pada event JFC Kids tahun ini, juga diikuti oleh anak-anak berkebutuhan khusus.

Meski memiliki keterbatasan, namun mereka tampil memukau di hadapan ribuan penonton yang memadati catwalk mulai dari kawasan alun-alun hingga Lippo mall.

"Luar biasa, anak-anak ini memiliki bakat yang luar biasa, dan mereka punya mental bagus untuk tampil di depan publik," kata Syaiful, salah satu penonton.

Inilah Salah Satu Peserta JFC Kids Carnival Yang Diselenggarakan Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (9/8/2018) sore.KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Inilah Salah Satu Peserta JFC Kids Carnival Yang Diselenggarakan Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (9/8/2018) sore.

Penonton lainnya, Lita, juga mengaku kagum dengan kemampuan anak-anak untuk tampil seperti model profesional.

"Apalagi tadi ada peserta dari anak-anak yang berkebutuhan khusus, tentu ini akan membangun sekaligus menguatkan mental mereka, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Enggak ada bosannya nonton JFC," ucapnya.

JFC 17 mengangkat tema Asia Light (Cahaya Asia), dengan 10 defile yang berasal dari 10 negara di Asia.

Adapun tema defile itu diantaranya, Kujang yang menjadi Pusaka Nusantara, Stars simbol dari cahaya, Thailand negara kerajaan Seribu Pagoda, Silla salah satu dari tiga kerajaan besar di Korea yang memiliki gendang tradisional bernama Seyogo berbentuk jam pasir, dan Shogun pemimpin para pejuang Samurai di era kekaisaran kuno Jepang.

Salah satu peserta JFC Kids, sesaat sebelum tampil di catwalk di seputar Alun- alun Kota Jember, Jawa Timur, Kamis (21/8/2014).KOMPAS.com/ Ahmad Winarno Salah satu peserta JFC Kids, sesaat sebelum tampil di catwalk di seputar Alun- alun Kota Jember, Jawa Timur, Kamis (21/8/2014).

Kemudian Bia lian, seni mengubah wajah dalam opera China, Babilonia yang pernah menjadi negara kuno paling makmur dalam sejarah Irak. Lalu, Ottoman (Turki) kekaisaran yang memiliki kekuasaan lintas benua dan menjadi pusat interaksi antara dunia Barat dan Timur dan Saudi Arabia negara yang memiliki Tanah Suci, dan India yang dikenal dengan negeri penari.

Sedangkan untuk rangkaian JFC-17 meliputi Opening JFC International Event (7 Agustus 2018); Pets Carnival (8 Agustus 2018); Berrikutnya, JFC Kids Carnival (9 Agustus 2018); JFC Rhythm Artwear Carnival (10 Agustus 2018); dan Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (WACI) pada 11 Agustus 2018, dan puncaknya Grand Carnival (12 Agustus 2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com