7 Kiat Tidur Nyenyak saat Pelesir dengan Kapal Pesiar - Kompas.com

7 Kiat Tidur Nyenyak saat Pelesir dengan Kapal Pesiar

Kompas.com - 11/08/2018, 07:00 WIB
Kapal Pesiar Princess Cruises di SingapuraDok. Princess Cruises Kapal Pesiar Princess Cruises di Singapura


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelesiran dengan kapal pesiar, dipilih oleh banyak orang salah satunya karena faktor waktu istirahat yang lebih banyak. Memang tak salah, sebab saat berada di kapal pesiar, penumpang boleh memilih sendiri aktivitas yang ingin dilakukan sehingga waktu tidur jadi lebih banyak.

Agar dapat tidur lebih nyenyak selama berlibur di kapal pesiar, Dokter Tidur terkemuka dunia Dr. Michael Breus, PhD dalam acara jumpa pers Princess Cruises di Restoran Suasana, Jakarta, Selasa (7/8/2018) memberikan beberapa saran, seperti berikut ini:

1. Miliki jadwal tidur dan bangun yang konsisten

Atur jadwal tidur dan bangun untuk diri sendiri, menyesuaikan waktu lokal. Idealnya lama waktu tidur di kapal pesiar sama seperti di rumah, tidak lebih dan tidak kurang.

Di kapal pesiar, ada fasilitas untuk makan larut malam dan berlabuh pagi hari sehingga tetap dapat menyesuaikan waktu tidur seperti di rumah.

2. Jangan terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman

Bersantap makanan nikmat jamak dilakukan orang selama liburan. Apalagi di kapal pesiar dengan pilihan restoran yang cukup banyak.

Wajar untuk menikmati makanan yang lezat tetapi jangan makan berlebihan karena dapat berefek pada kualitas istirahat. 

 

- Princess Cruises - Princess Cruises
3. Makan pada waktu yang tepat

Selain makan dalam porsi yang sewajarnya, waktu makan juga perlu diperhatikan. Jadwal makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur akan mengganggu kualitas dan jumlah waktu istirahat.

Pilihan layanan antar makanan ke kamar dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan waktu istirahat yang tepat.

4. Berhenti minum kafein pada pukul 14.00

Atur konsumsi kafein seperti pada saat berada di rumah. Hindari minum kafein delapan jam sebelum tidur (biasanya pukul 14.00 waktu setempat) dan minum kafein secukupnya pada siang hari (6-8 ons jumlah yang dianjurkan).

- Princess Cruises - Princess Cruises

5. Jaga tubuh tetap aktif

Berlibur di kapal pesiar, tubuh tetap dapat aktif. Bisa dengan ikut kelas olahraga atau berenang. Menjaga tubuh tetap aktif dapat membantu mempercepat transisi tubuh dan membantu proses menuju tidur lelap.

6. Hindari olahraga sebelum tidur

Jika berpikir olaharaga sebelum waktu tidur, mempercepat tidur, justru salah. Sebab olahraga 3-4 jam sebelum tidur dapat menstimulasi pikiran dan memberikan energi pada tubuh, sehingga tidur menjadi kian sukar.

7. Bersantai sebelum tidur

Pilih kegiatan santai, seperti mandi air hangat atau membaca buku agar lebih mudah tertidur. Jika suka membaca, pilihlah buku kertas karena gadget buku digital memancarkan cahaya yang akan menstimulasi otak sehingga tetap terjaga.


Close Ads X