Kompas.com - 12/08/2018, 12:22 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu liburan seringkali dimanfaatkan dengan mengeksplor suatu destinasi sampai maksimal. Padahal, idealnya tubuh butuh istirahat untuk menjalani aktivitas yang padat.

Kabar gembiranya, Anda dapat tidur singkat, untuk membuat tubuh lebih berenergi, begitu pula dengan tidur panjang untuk membalas kekurangan tidur.

"Saat liburan, kita bisa tidur untuk membalas waktu tidur kita yang kurang. Sekitar 25 menit, tetapi ingat itu maksimal waktu tidur singkat. Jangan lebih," jelas Dokter Tidur terkemuka dunia dr Michael Breus, PhD dalam acara jumpa pers Princess Cruises di Restoran Suasana, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Tidur singkat lebih dari 25 menit menurut Breus justru memberi efek yang tak diinginkan, yaitu tubuh bertambah lelah.

Membalas hutang waktu tidur juga bisa dilakukan setelah liburan. Breus menyarankan agar membalas hutang tidur ketika di akhir pekan.

"Waktu terbaik membalas hutang tidur adalah di Sabtu pagi, bukan Minggu pagi," jelas Breus.

Jika memang hanya punya waktu di Minggu pagi, jutsru Breus menyarankan untuk tidur singkat 25 menit, bukan tidur dengan jangka waktu panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab jika tidur terlalu panjang di Minggu pagi, akan membuat tubuh menjadi sulit beristirahat di sisa Minggu dan berimbas pada rasa lelah pada esok hari yaitu Senin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.