Waktu yang Dianjurkan untuk "Curi Tidur" dan Bayar "Hutang Tidur" saat Liburan - Kompas.com

Waktu yang Dianjurkan untuk "Curi Tidur" dan Bayar "Hutang Tidur" saat Liburan

Kompas.com - 12/08/2018, 12:22 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi


JAKARTA, KOMPAS.com - Waktu liburan seringkali dimanfaatkan dengan mengeksplor suatu destinasi sampai maksimal. Padahal, idealnya tubuh butuh istirahat untuk menjalani aktivitas yang padat.

Kabar gembiranya, Anda dapat tidur singkat, untuk membuat tubuh lebih berenergi, begitu pula dengan tidur panjang untuk membalas kekurangan tidur.

"Saat liburan, kita bisa tidur untuk membalas waktu tidur kita yang kurang. Sekitar 25 menit, tetapi ingat itu maksimal waktu tidur singkat. Jangan lebih," jelas Dokter Tidur terkemuka dunia dr Michael Breus, PhD dalam acara jumpa pers Princess Cruises di Restoran Suasana, Jakarta, Selasa (7/8/2018).

Tidur singkat lebih dari 25 menit menurut Breus justru memberi efek yang tak diinginkan, yaitu tubuh bertambah lelah.

Membalas hutang waktu tidur juga bisa dilakukan setelah liburan. Breus menyarankan agar membalas hutang tidur ketika di akhir pekan.

"Waktu terbaik membalas hutang tidur adalah di Sabtu pagi, bukan Minggu pagi," jelas Breus.

Jika memang hanya punya waktu di Minggu pagi, jutsru Breus menyarankan untuk tidur singkat 25 menit, bukan tidur dengan jangka waktu panjang.

Sebab jika tidur terlalu panjang di Minggu pagi, akan membuat tubuh menjadi sulit beristirahat di sisa Minggu dan berimbas pada rasa lelah pada esok hari yaitu Senin.



Close Ads X