Mengenal Gurusina, Kampung Adat yang Terbakar di Flores

Kompas.com - 13/08/2018, 19:08 WIB
Kampung adat Gurusina di Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS.COM/MARKUS MAKURKampung adat Gurusina di Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

KOMPAS.com - Baru-baru ini tersiar kabar duka, Kampung Adat Gurusina di Pulau Flores mengalami kebakaran. Gurusina adalah salah satu kampung adat di Kabupaten Ngada. Kabupaten yang sama dengan Kampung Adat Bena, yang lebih dulu tersohor di mata wisatawan.

Meski kalah tenar, bukan berarti Gurusina tak punya daya tarik. Gurusina disinyalir sebagai kampung adat tertua di Flores. Ada total 33 buah rumah yang semuanya terbuat dari bambu dengan atap alang-alang.

"Gurusina adalah kampung adat kedua yang paling ramai dikunjungi setelah Bena. Sering sekali dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. Keunikan Gurusina terletak pada sisi tradisionalnya, dan sejarah megalitikumnya yang kuat," tutur Ketua Dinas Pariwisata (Kadispar) NTT Marius Ardu Jelamu saat dihubungi KompasTravel, Senin (13/8/2018).

Hal spesial lainnya dari Gurusina adalah panorama alamnya yang memukau. Kampung ini berlatarkan Gunung Inerie yang berbentuk kerucut sempurna. Oleh karena bentuknya, Inerie kerap disebut sebagai "piramida alam-nya Flores".

Kampung Adat Gurusina terletak di Kecamatan Jarebu'u, Kabupaten Ngada, Flores, NTT. Jarak tempuhnya 16 km dari Aimere dan 21 Km dari Kota Bajawa.

"Waktu tempuhnya sekitar 45 menit dari Bajawa. Di Gurusina, para warganya mempertahankan tradisi secara turun-temurun. Seluruh kampung adat di NTT memang memiliki nilai adat yang sangat tinggi. Nilai inilah yang sangat diapresiasi wisatawan terutama wisatawan asing," papar Marius.

Baca juga: Menjelajahi Kampung Adat di Lembah Jerebu’u Flores

Jika wisatawan bisa memarkirkan kendaraan langsung di Kampung Bena, lain halnya dengan Kampung Gurusina. Di sini, kendaraan roda empat dan roda dua diparkir agak jauh dari kampung tersebut.

Turis harus berjalan kaki sekitar beberapa menit untuk menuju Gurusina.

Hal terunik di Kampung Adat Gurusina adalah terdapatnya batu megalitikum yang berdiri tegak di tengah kampung. Inilah perbedaan mendasar dengan Kampung Bena.

27 Rumah habis terbakar

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X