Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Indahnya Taman Nasional Bunaken di Google Doodle Hari Ini

Kompas.com - 14/08/2018, 13:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (14/8/2018) Google menampilkan keindahan bawah laut Indonesia lewat Google Doodle. Tepatnya keindahan laut di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara.

Dikutip dari situs resmi Google.com, tepat 27 tahun yang lalu kekayaan alam Bunaken dipetakan oleh pemerintah Indonesia sebagai kawasan taman laut yang dilindungi.

Sejak 1991 mulai ditemukan 58 jenis karang dan lebih dari 90 spesies ikan yang terletak di Taman Nasional Bunaken. Salah satu penghuninya yang mahsyur di dunia bawah laut ialah penyu sisik Hawksbill.

Penyu langka tersebut berenang di tengah terumbu karang dan aneka ragam pohon damselfish, clownfish, angelfish, dan sejumlah penghuni laut yang mempesona.

Diving di Bunaken, Sulawesi Utara.NOVA DIEN Diving di Bunaken, Sulawesi Utara.

Beragam spesies kerapu, kakap, dan ikan napoleon juga hidup di sepanjang dinding karang yang luas jumlah keanekaragaman hayati yang mengesankan. Hampir 70 persen dari spesies laut di dunia ada di sini.

Namun, kekayaan kekayaan biota laut yang spektakuler bukan satu-satunya penghuni taman laut seluas 280 mil persegi yang terletak di bagian utara provinsi Sulawesi tersebut.

Ada sekitar 20.000 warga lokal, yang sebagian besar bergantung pada perikanan untuk memenuhi sebagian gizi harian mereka.

Meskipun penangkapan ikan ilegal masih terjadi, dan karang rentan terhadap perubahan iklim, pemerintah Indonesia mengajukan permohonan agar taman tersebut terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO untuk diberikan perlindungan tambahan.

Keanekaragaman hayati laut menjadi salah satu pokok ajaran di sekolah-sekolah di sana, untuk mendidik siswa tentang kerawanan ekosistem tempat mereka tinggal, memastikan bahwa generasi masa depan belajar bagaimana melindungi harta Nusantara ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com