Tips Pelesir Naik Kapal Pesiar dengan Si Kecil - Kompas.com

Tips Pelesir Naik Kapal Pesiar dengan Si Kecil

Kompas.com - 14/08/2018, 15:21 WIB
Ilustrasi keluarga berpelesir dengan kapal pesiar.Dok Costa Cruise Ilustrasi keluarga berpelesir dengan kapal pesiar.

KOMPAS.com - Wisata naik kapal pesiar cocok dilakukan oleh keluarga. Anda bisa mencoba dan menikmati berbagai fasilitas di atas kapal, selain juga mampir ke beberapa destinasi wisata di darat.

Tak ada salahnya membawa si buah hati berwisata naik kapal pesiar. Mengutip CNN Travel, Selasa (14/8/2018), berikut enam tips naik kapal pesiar bersama anak.

Kapal pesiar P&O (Daily Mail) Kapal pesiar P&O (Daily Mail)
1. Pilih kapal pesiar ramah anak

Seperti Carnival Cruise Line, Disney Cruise Line, Norwegian Cruise Line, dan Royal Caribbean International. Kapal pesiar tersebut menjadi beberapa yang terbaik dalam industri kapal pesiar bagi keluarga.

Hadir juga beberapa opsi lainnya, seperti petualangan ekspedisi pelayaran dari Lindblad Expeditions yang bekerja sama dengan National Geographic, atau kapal pesiar AmaWaterways dari Disney bertema kapal pesiar danau Eropa.

Berbagai kapal pesiar hadir dengan daya tarik dan harga yang berbeda-beda. Anda wajib mencari tahu berbagai kapal pesiar yang cocok untuk usia, minat anak, dan tentunya anggaran.

2. Manfaatkan Kids Club

Pastikan kapal pesiar yang Anda pilih memiliki Kids Club. Biasanya Kids Club tersedia sesuai usia anak, antara 3-17 tahun.

Beberapa kegiatan menyenangkan untuk anak-anak, seperti berburu, karaoke, seni dan kerajinan, dan permainan biliar. Sementara orang tua bisa menikmati liburan dengan spa, kasino, atau makan malam untuk dua orang.

Kapal pesiar Karnaval, Disney, Norwegia, Princess Cruises atau Royal Caribbean memiliki Kids Club terbaik. Beberapa kapal pesiar juga terdapat layanan pengasuhan, tentunya dengan tambahan biaya.

3. Pertimbangkan batasan usia anak

Beberapa kapal pesiar memiliki batasan usia anak yang bisa ikut berlayar. Terdapat pelayaran ramah keluarga untuk anak usia tiga tahun ke atas, ada juga yang melayani bayi dan balita.

Bahkan, ada usia maksimum untuk berlayar yakni enam bulan atau satu tahun di sebagian kapal pesiar. Ada juga kapal pesiar yang tidak mengizinkan anak-anak yang tidak terlatih ke toilet untuk mengakses kolam renang dan area taman air.

Cunard Line, Disney, Norwegia dan Royal Caribbean menawarkan area bermain yang ditujukan khusus untuk bayi dan balita.

 4. Pesan jadwal perjalanan yang lebih pendek

Cari pelayaran aman untuk keluarga Anda dengan memesan perjalanan yang pendek durasinya. Carnival, Disney, Norwegia, dan Royal Caribbean menawarkan perjalanan tiga sampai lima malam.

Pelayaran dengan waktu tempuh singkat biasanya berangkat dari pelabuhan dengan akses yang mudah.

Kamar di kapal pesiar Crystal SerenityKOMPAS.com/Ihsanuddin Kamar di kapal pesiar Crystal Serenity
5. Pilih kabin yang tepat

Jika tidak memiliki anggaran untuk memesan Royal Suite atau dua kabin yang terhubung atau bersebelahan, Anda tetap bisa memesan kabin standar untuk satu keluarga. Di kabin standar amu ketiga dan keempat biasanya menggunakan tempat tidur tarik atau sofa tarik.

Saat memesan, pastikan untuk memesan kabin keluarga yang dilengkapi dengan tirai pemisah, area tempat duduk terpisah, dan balkon. Perlu diingat bahwa sebagian besar kabin hanya dilengkapi shower, maka jika Anda memiliki bayi bawalah bak mandi tiup.

Kolam renanh yang terdapat pada dek teratas di kapal pesiar Genting Dream CruisesKOMPAS.COM/Ardito Ramadhan D Kolam renanh yang terdapat pada dek teratas di kapal pesiar Genting Dream Cruises
6. Pilih kapal dengan kolam renang dan water park

Jika memilih berlayar melewati iklim cerah, Anda bisa menghabiskan pagi atau sore di sekitar kolam renang atau di area bermain sembari mengawasi si kecil.

Kapal yang lebih besar dan lebih baru biasanya akan dilengkapi dengan kegiatan di kolam renang, seperti seluncuran berliku.

Biasanya para tamu bisa naik ke kabin beberapa jam setelah bagasi Anda diperiksa dan dibawa ke dalam kabin. Untuk mengisi waktu, si kecil bisa bermain air, maka jangan lupa untuk membawa pakaian renang dan tabir surya.


Komentar
Close Ads X