Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lewatkan, Mekarnya Bunga Raksasa Titan Arum di Mekarsari

Kompas.com - 14/08/2018, 18:20 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Titan arum merupakan bunga raksasa yang biasa disebut pula bunga bangkai (corpse flower, Amorphophallus titanium). Bunga raksasa titan arum ini jarang sekali tumbuh, sekitar tujuh hingga sembilan tahun sekali.

Nah, di awal Agustus 2018 ini, kuncup bunga titan arum muncul di salah satu umbi dorman koleksi Taman Buah Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tercatat pada Senin (13/8/2018) kuncup bunga titan arum tingginya mencapai 160 sentimeter.

Sementara pertumbuhannya begitu cepat, dalam satu harinya tinggi kuncup bunga ini bisa bertambah setinggi 10 sentimeter.

Untuk Anda yang ingin melihat langsung seperti apa bunga raksasa ini mekar, bisa langsung berkunjung ke Taman Buah Mekarsari. Diperkirakan bunga akan mekar pada Minggu (19/8/2018).

Sebelumnya, rekor tertinggi dari bunga titan arum yang dicatat Guinness World Records mencapai 3,1 meter, yang tumbuh di Winnipesaukee Orchids, di Gilford, New Hampshire, Amerika Serikat pada 18 Juni 2010.

Sementara, rekor umbi terberat di dunia dari bunga titan arum masih dipegang oleh Kebun Raya Edinburgh, Skotlandia, Inggris, seberat 153,9 kilogram setelah dipelihara selama tujuh tahun.

Adapun bunga titan arum disebut bunga bangkai, karena pada saat mekar penuh, kelenjar di tongkol bunga (spadix) akan mengeluarkan zat-zat dimethyl trisulfide, dimethyl disulfide, trimethylamine, isovaleric acid, benzyl alcohol, phenol, dan indole yang berbau busuk.

Bau ini akan menarik serangga, terutama lalat untuk membantu polinasi. Sebenarnya yang berbau busuk bukan hanya bunga titan arum, melainkan semua spesies dalam genus Amorphophallus. Di seluruh dunia terdapat 198 spesies Amorphophallus.

Tak hanya pada genus Amorphophallus saja sebutan untuk bunga bangkai, tetapi juga untuk spesies dalam genus Rafflesia. Terutama Rafflesia Arnoldi yang juga memiliki ukuran besar.

Selain titan arum, Taman Buah Mekarsari juga mengoleksi beberapa spesies Amorphophallus.

Di antaranya suweg, Amorphophallus paeoniifolius, dan iles-iles (porang), Amorphophallus muelleri. Taman Buah Mekarsari buka setiap hari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com