Ini Kelebihan Menginap di Hostel saat Liburan - Kompas.com

Ini Kelebihan Menginap di Hostel saat Liburan

Kompas.com - 16/08/2018, 17:10 WIB
Fasilitas kamar di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Fasilitas kamar di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).

 

JAKARTA, KOMPAS.comHostel semakin menjadi pilihan para pelancong saat pelesiran ke berbagai daerah. Di Jakarta sendiri, banyak hostel yang terletak di awasan-kawasan wisata.

Apa kelebihan atau keuntungan menginap di hostel dibandingkan dengan menginap di hotel?

Hostel Manager Nomad Hostel Kemang, Yogi Siddik menjelaskan biasanya wisatawan yang lebih memilih hostel berasal dari kalangan backpacker.

Tidak saja karena tarif menginap yang lebih murah, tetapi ada nilai lain yang dicari oleh para pelancong.

Fasilitas social room di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Fasilitas social room di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).

“Hostel biasa dipilih terutama saat solo traveling. Pada dasarnya banyak yang tidak akan pernah diketahui betapa positifnya memiliki teman baru yang bertemu di hostel,” ujar Yogi beberapa waktu lalu kepada KompasTravel.

Yogi menjelaskan di hostel tentunya para tamu akan bertemu dengan tamu lain. Menurut Yogi ini adalah salah satu nilai yang sangat positif dan dicari oleh banyak wisatawan.

“Nantinya mereka (tamu hostel) bisa saling berkenalan, bercerita, dan berbagi pengalaman. Dari sana juga bisa saling belajar dari pengalaman yang pernah dilalui, misal saja dia habis traveling dari negara mana gitu,” kata Yogi.

Fasilitas kamar di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Fasilitas kamar di Nomad Hostel Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (8/8/2018).
Meski demikian, Yogi menekankan wisatawan untuk tak khawatir saat menginap di hostel. Meski harus satu kamar dengan orang lain, barang-barang dipastikan tetap aman karena kita sendiri yang memegang kunci loker.

“Kalau memilih hostel tentu poinnya ada pada hubungan sosialnya. Kalau tidak butuh (hubungan sosial) mungkin bisa memilih hotel. Tetapi jika butuh suasana dan orang baru bisa ke hostel, di sinilah tempatnya,” tambahnya.


Komentar
Close Ads X