Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memaknai Kemerdekaan RI di Sumba

Kompas.com - 17/08/2018, 11:04 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

WAINGAPU, KOMPAS - "Sekolahnya itu kakak, di atas bukit," kata pengemudi mobil, Ae yang membawa saya ke Sekolah Dasar Negeri Rapamanu di Desa Mbatakapidu, Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Sejauh mata memandang, tampaklah perbukitan sabana. Menampilkan lanskap Sumba Timur yang memesona. Di atas bukit Rapamanu itu bangunan tunggal berdiri menjadi tempat anak-anak menuntut ilmu.

Sampai di halaman sekolah, anak-anak sudah berbaris rapi menunggu kedatangan tim KFC dan 1.000 Guru. Kami lantas bersama sama menjalankan upacara bendera untuk memperingati HUT ke-73 RI.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas kedatangan KFC dan 1.000 guru ke sekolah kami ini untuk berbagi bersama anak-anak kami," pidato Kepala Sekolah SDN Rapamanu, Adriana Mara Ledu saat upacara bendera, Jumat (17/8/2018).

Baca juga: Laguna Weekuri, Kolam Renang dari Alam di Sumba...

Sekolah Rapamanu bisa jadi sekolah paling indah yang pernah saya datangi. Pemandangan dari jendela kelas membuat siapa pun takjub.

Namun ironinya untuk mencapai sekolah ini bagi anak-anak bukan hal mudah. "Anak anak biasa jalan ke sekolah, ada beberapa yang diantar orangtua pakai motor. Bisa jalan kaki 20 menit lewat bukit," kata guru di SDN Rapamanu, Tesi Naloh.

Sekolah Dasar Negeri Rapamanu di Desa Mbatakapidu, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/8/2018).
KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Sekolah Dasar Negeri Rapamanu di Desa Mbatakapidu, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/8/2018).
Sebelum ada SDN Rapamanu, anak-anak di desa harus pergi ke sekokah di desa dengan jarak 15 kilometer.

Di sekolah fasilitas juga seadanya. Dari enam kelas, hanya ada empat ruang kelas. Satu ruang kelas disekat dengan dinding bambu untuk membagi kelas empat dan kelas dua.

Baca juga: Menjelajahi Pulau Sumba nan Eksotis

Kelas enam, menemlati kelas bekas ruang dapur. Berdinding batako yang tidak diplester. Penerangan gelap tanpa ada listrik, air pun tak ada. Pihak sekokah harus membeli air Rp 100.000 untuk memenuhi kebutuhan MCK di sekolah selama satu minggu.

Keadaan SDN Rapamanu masih jauh lebih baik dari SD Weetame di Sumba Barat. Setidaknya siswa SDN Rapamanu masih mengenakan seragam bersih dan sepatu, ruang kelas juga permanen.

Di SD Weetame ruang kelas terbuat dari dinding anyaman bambu dan atap yang bolong-bolong. Kala hujan datang, kelas bubar. Anak-anak kurus, seragamnya kedodoran dan dekil, peralatan sekokah seadanya.

Namun Sumba kian maju dalam pariwisata. Liburan HUT ke-73 RI berbondong-bondong wisatawan asal kota besar di Indonesia datang ke sini. Obyek wisata padat, restoran dan hotel penuh.

Kelas di SD Weetame, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/8/2018).KOMPAS.com/SILVITA AGMASARI Kelas di SD Weetame, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Jumat (17/8/2018).
Namun tak jauh dari lokasi wisata, resor yang berdiri mewah, dan pantai yang dikuasai swasta. anak-anak Sumba masih berjuang dengan pendidikan.

"Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," sila kelima dari Pancasila disebutkan dengan lantang oleh anak-anak di SDN Rapamanu saat upacara peringatan Kemerdekaan RI.

Sila tersebut rasanya masih jadi doa sampai peringatan Kemerdekaan RI yang ke 73 tahun di Tanah Sumba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com