Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Wisman Ikut Lomba dan Nonton Pesta Rakyat di Batam

Kompas.com - 18/08/2018, 13:08 WIB
Hadi Maulana,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Tidak saja ribuan warga Pulau Belakangpadang dan pulau-pulau sekitarnya yang ada di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) ikut nonton dan berlomba di kegiatan pesta rakyat yang dilakukan di Belakang Padang, Sabtu (18/8/2018).

Ratusan wisatawan asing juga terlihat mengikuti dan nonton kegiatan pesta rakyat ini.

Bahkan salah satu tim peserta sampan layar yang krunya berjumlah lima orang asal Malaysia berhasil meraih juara pertama.

"Kami sangat mengapresiasikan keikutsertaan wisatawan asal Malaysia dalam memeriahkan pesta rakyat, perlombaan sampan layar yang dilakukan di pulau terdepan, yakni Pulau Belakangpadang ini," kata Wali Kota Batam, Rudi.

Rudi mengaku kegiatan pesta rakyat ini juga merupakan sempenaan perayaan HUT RI, yang pertama kali dilakukan di salah satu pulau terdepan yang ada di Batam.

"Setidaknya kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, selain untuk mengingatkan kembali bagaimana proses perjuangan untuk meraih kemerdekaan di tahun 1945 silam. Kegiatan ini juga dapat menarik wisatawan mancanegara untuk datang dan berlibur di Kota Batam," ungkap Rudi.

"Yang terpenting dengan kegiatan ini, setidaknya mampu menumbuhkan rasa nasionalisme bagi warga Belakang Padang dan pulau-pulau sekitar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, seperti Singapura," tambah Rudi.

Rudi mengaku kegiatan seperti ini nantinya akan diagendakan menjadi kegiatan tahunan, bila perlu akan dilakukan upacara hari kemerdekaan khusus untuk pulau-pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga ini.

Lebih jauh Rudi menambahkan untuk perlombaan sampan layar panitia menyiapkan beberapa kategori, diantaranya kru 3 orang, 5 orang, 7 orang dan 9 orang.

Kru 3 orang juara pertama diraih dari tim Suka Hati dari Pulau Pecong, juara kedua Bujang Jauh dari Pulau Teluk Air dan juara ketiga Putri Tunggal yang juga masih dari Pulau Pecong.

Sejumlah sampan layar peserta yang siap mengikuti permaian pesta rakyat di Pulau Perbatasan, Belakangpadang yang berbatasan langsung dengan Singapura, Sabtu (18/8/2018). Tidak saja warga lokal, sejumlah wisatawan dari Malaysia dan Singapura juga turut adil dalam perlombaan iniKOMPAS.com/HADI MAULANA Sejumlah sampan layar peserta yang siap mengikuti permaian pesta rakyat di Pulau Perbatasan, Belakangpadang yang berbatasan langsung dengan Singapura, Sabtu (18/8/2018). Tidak saja warga lokal, sejumlah wisatawan dari Malaysia dan Singapura juga turut adil dalam perlombaan ini
Kemudian yang 5 orang, juara pertama diraih Putri Selangor dari Malaysia, kedua Berilah Daku Duku dari Pulau Jaloh dan ketiga Bidadari dari Pulau Pecong. Kru 7 orang juara pertama diraih Ulat Terbang dari Kampung Gundap, Kedua, Tanah Petir dari Teluk Air dan ketiga Peluru Pandu dari Pulau Buru.

"Sementara untuk kru 9 orang, juara pertama berhasil disabet tim Hulubalang dari Pulau Air, kedua Badang Sakti dari Pulau Buru serta juara ketiga diraih Panglima Laut dari Pulau Pecong," jelas Rudi.

Tidak saja perlombaan sampan layar, Rudi menambahkan, untuk memeriahkan kegiatan ini panitia juga melakukan beberapa perlombaan lainnya seperti gerak jalan, sepak bola, balap karung, makan kerupuk dan berbagai permainan rakyat lainnya.

"Ada juga kegiatan malam kesenian dan karnaval yang bertujuan untuk memeriahkan semaraknya perayaan hari kemerdekaan di pulau terdepan ini," terang Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com