5 Kuliner Kambing Tersohor Jawa Tengah, Inspirasi untuk Idul Adha

Kompas.com - 21/08/2018, 17:18 WIB
Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan. KOMPAS.COM/FIRA ISROFILLAHRumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Jawa Tengah terkenal handal dalam mengolah daging kambing. Selain pengolahan yang tepat dalam menghilangkan bau prengus kambing, masyarakat Jawa Tengah juga terkenal akan olahan kambing kaya rasa.

Jadi tak heran saat berkunjung ke Jawa Tengah, banyak wisatawan berburu kuliner kambing. Olahan kambing khas Jawa Tengah ini juga dapat menjadi inspirasi untuk mengolah daging, tulang, dan jeroan kambing saat Idul Adha.

Berikut adalah lima kuliner kambing di daerah yang terkenal akan kelezatannya:

1. Sate Buntel, Solo

Salah satu rumah makan yang menyajikan sate buntel di Solo adalah Rumah Makan Sate Buntel Haji Bejo di Lojiwetan. Presiden Jokowi dikenal sebagai pelanggan rumah makan ini.

Sate buntel dapat menjadi pilihan bagi orang yang enggan mengunyah daging kambing karena bertekstur alot. Sebab pengolahan sate buntel, sesuai namanya, daging kambing dicincang kemudian dibuntel atau dibungkus dengan lemak kambing sendiri.

Daging cincang sebelumnya dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Kemudian mengalami pencelupan bumbu kembali sebelum dan sesudah dibakar.

Alhasil rasa sate buntel sangat kaya rasa, dengan tekstur lembut mudah digigit. Di Solo, ciri khas sate buntel adalah tusuk sate dilepas saat menyajikan sate ke tamu.

Menu tengkleng gajah tongseng merupakan salah satu menu favorit yang disajikan Warung Tengkleng Gajah berkuah kental bercita rasa khas dengan tulang dan daging kambing berukuran besar. Warung ini berlokasi di Sleman, DI Yogyakarta.KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Menu tengkleng gajah tongseng merupakan salah satu menu favorit yang disajikan Warung Tengkleng Gajah berkuah kental bercita rasa khas dengan tulang dan daging kambing berukuran besar. Warung ini berlokasi di Sleman, DI Yogyakarta.

2. Tengkleng, Solo

Agaknya kurang afdol jika tidak menyebut tengkleng sebagai kuliner kambing tersohor. Hidangan satu ini memanfaatkan seluruh bagian kambing sehingga tidak ada yang mubazir.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X