Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kentang Jadi Bahan Wajib di Kuliner Tradisional Peru

Kompas.com - 22/08/2018, 09:10 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda berkunjung ke Republik Peru, jangan heran begitu banyak kentang yang bisa Anda temui. Bahkan di berbagai jenis makanan baik camilan maupun makanan utama.

Kentang merupakan makanan pokok sekaligus wajib dalam hidangan makan masyarakat Peru. Kentang juga merupakan hasil bumi yang sangat subur di sana.

"Kentang itu sangat identik dengan hidangan masakan di Peru. Kentang digunakan jadi pendamping nasi, olahan makanan, camilan, sampai minuman," tutur Natalia Gonzalez Echeverria, Chef asli Peru yang sedang di Jakarta, saat Media Tasting Peruvian Cisine di Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).

Baca juga: Sebelum Berlibur ke Peru, Kenali Dulu Makanannya

Menurutnya kentang bukan sekedar pelengkap dalam masakan Peruvian (kuliner khas Peru), tetapi juga merupakan identitas kuliner bangsa.

"Kentang begitu asli di sana, tiap daerah punya ragam jenisnya masing-masing," ujarnya.

Senada dengan chef yang telah lima bulan berkarya di Indonesia itu, Julio Cardenas, Duta Besar Peru untuk Indonesia dalam acara yang sama mengatakan bentang alam Peru sangat mendukung tumbuhnya ratusan jenis kentang, terutama di Pegunungan Andes.

"Peru punya lebih dari 4.300 jenis kentang dari yang biru, kuning, merah, besar, kecil, dan lainnya. Sementara yang dikomersialkan 47 jenis," ungkap Julio Cardenas.

Pusat budidaya kentang di sana, terdapat di Dataran Tinggi Andes, dengan ketinggian hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Julio mengatakan, karena kekayaan itulah Peru menjadi negara penghasil kentang terbesar di dunia.

Ragam sajian kuliner camilan Peruvian (Peru) yang ada di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ragam sajian kuliner camilan Peruvian (Peru) yang ada di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).
Tahun 2017, beberapa ilmuan Peru bahkan mencoba menumbuhkan kentang dalam simulasi lingkungan Planet Mars. Mereka bekerja sama dengan NASA untuk mulai membudidayakan kentang di luar Bumi.

Natalia Gonzalez Echeverria menjelaskan, dalam mengolah masyarakat Peru, haram hukumnya menggunakan kentang yang tidak segar karena begitu mudah mendapatkannya dan sangat beragam.

Beberapa hidangan populer di internasional yang menggunakan kentang antara lain stuffed potato cake, spanning loin, red quinoa souffle, juga yang ikonik criolla peruvian dan banyak lagi.

Selain berkunjung ke Peru, Anda juga tetap bisa mencoba kelezatan olahan kentang ala Peruvian di berbagai resto Peru yang tersebar di Jepang, India, Hongkong, Spanyol, Inggris dan lainnya, termasuk di Gran Melia Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com