Kompas.com - 22/08/2018, 09:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda berkunjung ke Republik Peru, jangan heran begitu banyak kentang yang bisa Anda temui. Bahkan di berbagai jenis makanan baik camilan maupun makanan utama.

Kentang merupakan makanan pokok sekaligus wajib dalam hidangan makan masyarakat Peru. Kentang juga merupakan hasil bumi yang sangat subur di sana.

"Kentang itu sangat identik dengan hidangan masakan di Peru. Kentang digunakan jadi pendamping nasi, olahan makanan, camilan, sampai minuman," tutur Natalia Gonzalez Echeverria, Chef asli Peru yang sedang di Jakarta, saat Media Tasting Peruvian Cisine di Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).

Baca juga: Sebelum Berlibur ke Peru, Kenali Dulu Makanannya

Menurutnya kentang bukan sekedar pelengkap dalam masakan Peruvian (kuliner khas Peru), tetapi juga merupakan identitas kuliner bangsa.

"Kentang begitu asli di sana, tiap daerah punya ragam jenisnya masing-masing," ujarnya.

Senada dengan chef yang telah lima bulan berkarya di Indonesia itu, Julio Cardenas, Duta Besar Peru untuk Indonesia dalam acara yang sama mengatakan bentang alam Peru sangat mendukung tumbuhnya ratusan jenis kentang, terutama di Pegunungan Andes.

"Peru punya lebih dari 4.300 jenis kentang dari yang biru, kuning, merah, besar, kecil, dan lainnya. Sementara yang dikomersialkan 47 jenis," ungkap Julio Cardenas.

Pusat budidaya kentang di sana, terdapat di Dataran Tinggi Andes, dengan ketinggian hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Julio mengatakan, karena kekayaan itulah Peru menjadi negara penghasil kentang terbesar di dunia.

Ragam sajian kuliner camilan Peruvian (Peru) yang ada di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Ragam sajian kuliner camilan Peruvian (Peru) yang ada di Hotel Gran Melia, Jakarta, Senin (19/8/2018).
Tahun 2017, beberapa ilmuan Peru bahkan mencoba menumbuhkan kentang dalam simulasi lingkungan Planet Mars. Mereka bekerja sama dengan NASA untuk mulai membudidayakan kentang di luar Bumi.

Natalia Gonzalez Echeverria menjelaskan, dalam mengolah masyarakat Peru, haram hukumnya menggunakan kentang yang tidak segar karena begitu mudah mendapatkannya dan sangat beragam.

Beberapa hidangan populer di internasional yang menggunakan kentang antara lain stuffed potato cake, spanning loin, red quinoa souffle, juga yang ikonik criolla peruvian dan banyak lagi.

Selain berkunjung ke Peru, Anda juga tetap bisa mencoba kelezatan olahan kentang ala Peruvian di berbagai resto Peru yang tersebar di Jepang, India, Hongkong, Spanyol, Inggris dan lainnya, termasuk di Gran Melia Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.