Resep Gepuk Daging Sapi yang "Cantik" dan Kekinian

Kompas.com - 23/08/2018, 17:19 WIB
Gepuk daging sapi dengan teknik shovee, sehingga tetap empuk, bumbu terasa, dan tampilan menarik, di The Westin Hotel, Jakarta, Jumat (3/8/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAGepuk daging sapi dengan teknik shovee, sehingga tetap empuk, bumbu terasa, dan tampilan menarik, di The Westin Hotel, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com -  Gepuk merupakan salah satu sajian daging khas Nusantara selain rendang.

Namun lazimnya gepuk disajikan dengan balutan bumbu cokelat pekat, dan sekilas kurang menarik.

Salah satu Chef Senior The Westin Hotel Jakarta, Arcad Fadillah mempresentasikan pada KompasTravel bagaimana membuat daging gepuk dengan menarik, meresap bumbunya, juga, empuk.

"Dimasak dengan cara sous-vide cooking, ini yang membuat bumbu lebih meresap, tampilannya juga cantik," ujar Arcad pada KompasTravel, Jumat (3/8/2018).

Di dapur hotel tempatnya iamelakukannya dengan mesin sous-vide khusus, tetapi cacar ini juga bisa diaplikasikan dengan sederhana di rumah tangga.

Gepuk daging sapi dengan teknik shovee, sehingga tetap empuk, bumbu terasa, dan tampilan menarik, di The Westin Hotel, Jakarta, Jumat (3/8/2018).KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Gepuk daging sapi dengan teknik shovee, sehingga tetap empuk, bumbu terasa, dan tampilan menarik, di The Westin Hotel, Jakarta, Jumat (3/8/2018).
Prinsipnya cara ini menggunakan kantung vacum untuk merendam daging bersama bumbunya di suhu rendah yang konsisten.

Anda bisa menggunakan zipper bag, alias kantug plastik bening yang bisa ditutup rapat kedap udara. Plastik ini mudah ditemui di pasaran, biasanya digunakan ibu untuk menyimpan cadangan ASI di kulkas.

"Pertama daging dan bumbu gepuk dimasukan ke dalam zipper bag, dikunci rapat sebisa mungkin tanpa udara," tuturnya.

Lalu rebus air hingga mendidih di panci. Setelah mendidih daging dengan bumbu tersebut dimasukan dan stelan api kompor dikecilkan.

Diamkan daging dengan air panas tersebut sekitar enam jam dengan api kecil, jaga suhu air jangan sampai mendidih kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X