Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Wisata Danau Tersembunyi di Pegunungan Arfak Papua Barat

Kompas.com - 24/08/2018, 09:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

PEGUNUNGAN ARFAK, KOMPAS.com – Masih mencari obyek wisata yang belum banyak dikunjungi wisatawan di Indonesia? Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat bisa menjadi pilihan.

Danau Anggi Giji dan Anggi Gida punya pemandangan yang indah yang bisa dinikmati. Padang rumput di punggung bukit, perkampungan, jajaran bukit, dan danau-danau adalah pemandangan yang bisa dilihat di obyek wisata Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji.

Baca juga: Merayakan 17 Agustus di Pegunungan Arfak, Dingin...

Akhir pekan lalu, KompasTravel sempat mengunjungi Danau Anggi Gida dan Anggi Giji saat mengikuti Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) di Papua Barat.

Di sana, KompasTravel berkeliling ke Danau Anggi Gida dan Anggi Giji dan tak menemukan banyak wisatawan meski pada akhir pekan.

Pemandangan Danau Anggi Gida dilihat dari sekitar Puncak Bukit Kobrey, Distrik Sururey, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Senin (20/8/2018). Danau Anggi Gida berlokasi di Distrik Anggi Gida.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Pemandangan Danau Anggi Gida dilihat dari sekitar Puncak Bukit Kobrey, Distrik Sururey, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Senin (20/8/2018). Danau Anggi Gida berlokasi di Distrik Anggi Gida.
Warga Distrik Anggi sekaligus ajudan Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Messakh Wungur mengatakan tak banyak wisatawan yang mengunjungi Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji. Wisatawan juga terbatas dari kalangan pelajar dan masyarat setempat.

“Yang ke sini biasanya masyarakat. Ada sekolah minggu piknik di Bukit Kobrey. Mereka datang naik mobil dan motor. Mereka dari ibukota Anggi, Anggi Gida, dan Sururey,” kata Messakh kepada KompasTravel di Distrik Anggi, Kabupaten Pegunungan Arfak.

Baca juga: Wisata di Pegunungan Arfak Papua Barat, Ada Apa Saja?

Di Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji, wisatawan bisa menikmati pemandangan danau dari bukit-bukit seperti Bukit Kombrey dan Bukit Tombrok. Dari atas puncak bukit, wisatawan bisa melihat satu dan dua danau.

Wisatawan juga bisa berkeliling danau dengan perahu milik masyarakat setempat. Di Danau Anggi Gida bahkan wisatawan bisa menikmati pasir putih dan berenang di tengah danau.

Turis menikmati pemandangan Danau Anggi Giji dari Bukit Kobrey, Distrik Sururey, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Kamis (17/8/2018). Danau Anggi Giji merupakan obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di Pegunungan Arfak.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Turis menikmati pemandangan Danau Anggi Giji dari Bukit Kobrey, Distrik Sururey, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat, Kamis (17/8/2018). Danau Anggi Giji merupakan obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di Pegunungan Arfak.
Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji berada di dataran tinggi Pegunungan Arfak. Danau Anggi Gida berada di ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan Danau Anggi Gida berada di ketinggian sekitar 1.750 mdpl.

Di Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida, wisatawan bisa merasakan udara yang sejuk dengan rata-rata suhu sekitar 18 derajat celcius pada siang hari. Suasana sepi dan tenang pun bisa menjadi terapi tersendiri bagi wisatawan yang datang dari kota.

Danau Anggi Gida dan Danau Anggi Giji dikenal sebagai danau yang memiliki kelamin. Danau Anggi Gida disebut sebagai danau perempuan, sementara Danau Anggi Giji dikenal sebagai danau laki.

Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida bisa ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 100-110 kilometer dari Kota Manokwari atau waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Wisaawan bisa menuju Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida lewat jalur Manokwari – Prafi – Menyambouw – Mokwam – Ulong – Susi – Igmbai (Danau Anggi Giji) – Anggi Gida.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com