Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Oleh-oleh yang Bisa Anda Bawa dari Palembang

Kompas.com - 24/08/2018, 17:22 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

 


KOMPAS.com – Sebelum kembali ke daerah asal, terutama setelah mengikuti rangkaian acara Asian Games 2018 di Palembang, rasanya ada yang kurang bila tak membeli buah tangan untuk keluarga atau teman.

Ada beberapa buah tangan khas Palembang yang bisa Anda bawa, seperti dihimpun oleh KompasTravel.

1. Pempek dan Tekwan

Makanan khas Palembang, pempek. Bagi warga Sumsel belum terasa lengkap saat berbuka puasa jika tidak menyantap makanan yang dibuat dari gandum dan ikan ini.KOMPAS.com/AMRIZA NURSATRIA Makanan khas Palembang, pempek. Bagi warga Sumsel belum terasa lengkap saat berbuka puasa jika tidak menyantap makanan yang dibuat dari gandum dan ikan ini.

Tak hanya makan langsung di Palembang, pempek dan tekwan asli Palembang juga bisa Anda bawa sebagai buah tangan.

Biasanya pempek dan tekwan yang akan dibawa pulang bisa Anda pilih sesuai dengan paket yang disediakan. Harga per paketnya mulai dari Rp 100.000.

 

2. Kerupuk atau Kemplang

Di UKM Mart Kota Mandiri Terpadu (KTM) Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan,  warga menjual penganan khas produksi mereka seperti keripik pisang, keripik daun singkong, kemplang udang, dan kemplang ikan. Josephus Primus Di UKM Mart Kota Mandiri Terpadu (KTM) Telang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, warga menjual penganan khas produksi mereka seperti keripik pisang, keripik daun singkong, kemplang udang, dan kemplang ikan.

Kerupuk dan kemplang khas Palembang juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Kemplang telah dikemas dan dibungkus menggunakan kertas sehingga lebih awet.

Kemplang dibuat menggunakan ikan belida, terdiri dari dua jenis yakni kemplang goreng atau bakar. Harganya mulai dari Rp 35.000.

 

3. Kain atau Songket

Tari Sriwijaya pada pembukaan pameran Ragam Songket Nusantara dan Tradisi Tenun Serupa. KOMPAS/LUSIANA INDRIASARI Tari Sriwijaya pada pembukaan pameran Ragam Songket Nusantara dan Tradisi Tenun Serupa.

Selain makanan, songket Palembang kerap dibeli wisatawan untuk oleh-oleh. Di Sumatera Selatan, terutama di Palembang, songket ini digunakan pada setiap acara adat dan hadiah perkawinan.

Tak perlu khawatir, tak semua songket mahal. Banyak pula songket yang dijual dengan harga terjangkau. Ada yang berkisar Rp 200.000, hingga jutaan rupiah.

 

4. Kue Khas Palembang

Beberapa kue khas Palembang yang cocok untuk buah tangan adalah kue delapan jam, maksuba, dodol agar, srikaya tape, wajik, engkak ketan, kojo, dan lapis legit.


Kue Lapis Maksuba Khas Kota PalembangDok Gulaku Kue Lapis Maksuba Khas Kota Palembang
Maksuba dan kue delapan jam sebenarnya dibuat dengan bahan dasar yang sama. Terdiri dari telur, gula, susu, dan tepung gandum.

Bedanya, maksuba dibuat selapis demi selapis dan dipanggang dalam oven selama sekitar 2 hingga 4 jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com