3 Pantai Paling Populer di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe

Kompas.com - 25/08/2018, 10:12 WIB
Pengunjung melintas di deretan pondok Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Aceh.KOMPAS.COM/MASRIADI Pengunjung melintas di deretan pondok Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Aceh.

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Idul Adha mendapat perlakuan khusus bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Aceh. Pasalnya Pemerintah Aceh memberlakukan libur Idul Adha hingga 26 Agustus 2018. Aktivitas kegiatan kantor pemerintah dan sekolah baru dimulai pada Senin (27/8/2018).

Berbeda dengan provinsi lainnya yang sudah mulai aktif bekerja pada 18 Agustus 2018, Aceh malah memasuki masa liburan.

Baca juga: Serunya Mandi di Air Terjun Rayap Aceh Utara

Untuk itu, jika berkunjung ke Provinsi Aceh persisnya di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara bisa menjadikan destinasi pantai berikut ini sebagai lokasi pilihan.

Sajian mi kepiting dengan kelapa muda terhidang di meja pengunjung Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Aceh.KOMPAS.COM/MASRIADI Sajian mi kepiting dengan kelapa muda terhidang di meja pengunjung Pantai Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Aceh.

1. Pantai Lancok

Pantai ini berada di Desa Lancok, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara. Pantai ini dikenal dengan makanan Mie Kepiting yang supernikmat. Jarak sekitar 20 menit berkendara dari pusat Kota Lhokseumawe menuju arah Medan.

Baca juga: Festival Meugang, Tradisi Membelah Kepala Sapi di Banda Aceh

Begitu tiba di Lapangan Sepak Bola, Kecamatan Syamtalira Bayu, maka berbeloklah ke kiri. Ikuti jalan aspal tersebut hingga melewati tambak dengan pemandangan petani garam tradisional. Setelah tambak ini lah pantai itu berada.

Pantai ini dikelola oleh masyarakat lokal. Namun, pedagang mie kepiting di sana sungguh menjanjikan kenikmatan yang luar biasa.

Wisatawan memadati obyek wisata Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (25/6/2018)Kompas.com/Masriadi Wisatawan memadati obyek wisata Pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Senin (25/6/2018)

2. Pantai Ujong Blang

Pantai ini terpaut lima menit dari pusat Kota Lhokseumawe. Paling dekat dengan kota sehingga mudah dikunjungi. Di sana, aneka pedagang menyediakan makanan sperti rujak Aceh dan mie Aceh.

Disediakan pula aneka warna-warni untuk para pengunjung dengan berbagai ornamen yang instagramable. Jika hari Sabtu-Minggu, di sini lokasi paling tepat menunggu matahari terbenam.

Tersedia pula banana boat untuk Anda yang ingin berkeliling di laut. Pantai ini terbilang panjang, silakan memilih pondok paling nyaman untuk menjadi lokasi istirahat.

Pengunjung makan siang sambil menghadap Selat Malaka di Pantai Pulau Seumadu, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (2/4/2017).KOMPAS.com/MASRIADI SAMBO Pengunjung makan siang sambil menghadap Selat Malaka di Pantai Pulau Seumadu, Lhokseumawe, Aceh, Minggu (2/4/2017).

3. Pulau Seumadu

Obyek wisata pantai ini terletak di pinggir PT Humpus Aromatik. Untuk menuju ke sana, lewatlah jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh. Persis di depan Kompleks PT Arun NGL yang tersohor itu terdapat jalan. Ikutilah jalan tersebut hingga ke ujung.

Pantai ini dikelilingi pula oleh PT Arun dan PT Pupuk Iskandar Muda. Sehingga tower perusahaan minyak dan gas serta pupuk itu menjulang tinggi dan menjadi pemandangan tersendiri.

Di sini tersedia jembatan yang sangat indah bagi anda yang suka fotografi. Di bawah jembatan air mengalir pelan, sedangkan laut menjanjikan kesejukan. Sabtu-Minggu banyak wisatawan luar kota memadati kawasan ini. Aneka pondok tersedia untuk tempat istirahat. Harga makanan di sini sangat terjangkau.




Close Ads X