Kompas.com - 25/08/2018, 11:28 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Pernah mendengar olahraga dagongan? Olahraga ini termasuk olahraga tradisional. Sama dengan tarik tambang. Perbedaannya, pada dagongan yang ditarik adalah bambu, bukan tambang.

Olahraga asli Pantura ini dilombakan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (24/8/2018). Pesertanya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN). Ada puluhan ASN yang ikut dalam lomba dagongan yang digelar di Alun-alun Kendal.

Baca juga: Karena Langka, Kopi Liberika di Kendal Jadi Primadona

Mereka membentuk group. Satu group ada 8 orang. Olahraga langka ini akan dijadikan salah satu daya tarik wisatawan ke Kendal.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kendal, Tavip Purnomo, mengatakan selain dagongan, juga digelar lomba egrang.

Baca juga: Puthu Lanang, Jajanan Tradisional yang Melegenda dan Punya Hak Cipta

Ia berharap, olahraga tradisi itu, nantinya bisa kembali populer dan bisa digunakan untuk menyedot wisatawan di tempat- tempat wisata di Kabupaten Kendal.

Olahraga tradisional Dagongan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (24/8/2018).KOMPAS.com/SLAMET PRIYATIN Olahraga tradisional Dagongan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Jumat (24/8/2018).
“Kita juga kaya budaya. Diantaranya permainan dagongan dan egrang. Kalau yang main turis, kan menarik,” ujarnya.

Tavip menjelaskan, lomba olahraga tradisional dagongan dan egrang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI dan Hari Jadi ke-413 Kabupaten Kendal.

“Lain waktu akan kami gelar lomba yang sama untuk tingkat umum,” tambahnya.

Salah satu peserta lomba dagongan dari Dinas Komunikasi Informasi, Bambang, mengatakan lomba dagongan ini lebih berat daripada lomba tarik tambang. Selain membutuhkan tenaga yang kuat, juga kekompakan semua anggota group.

“Berat tapi kami senang,” ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.