5 Obyek Wisata Pilihan di Kota Medan - Kompas.com

5 Obyek Wisata Pilihan di Kota Medan

Kompas.com - 27/08/2018, 22:00 WIB
Pengunjung melihat Istana Maimun yang merupakan peninggalan Kesultanan Deli di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (28/4/2012). Istana yang dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Makmun Al-Rasid ini merupakan bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota. Di dalamnya tersimpan benda-benda peninggalan keluarga kesultanan yang lekat dengan sejarah budaya Melayu di Medan. KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pengunjung melihat Istana Maimun yang merupakan peninggalan Kesultanan Deli di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (28/4/2012). Istana yang dibangun pada tahun 1888 oleh Sultan Makmun Al-Rasid ini merupakan bangunan bersejarah yang menjadi ikon kota. Di dalamnya tersimpan benda-benda peninggalan keluarga kesultanan yang lekat dengan sejarah budaya Melayu di Medan.


JAKARTA, KOMPAS.com – Berlibur ke Kota Medan, Sumatera Utara sebelum menyicipi nikmatnya durian, tak ada salahnya untuk berkunjung ke beberapa obyek wisata.

Berikut beberapa destinasi wisata di Kota Medan bisa Anda kunjungi dihimpun oleh KompasTravel.

1. Istana Maimun

Salah satu yang merupakan ikon Medan ini ada di Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Sukaraja.

Istana Maimun dibangun pada tahun 1888 seluas 2.722 meter persegi. Dulunya istan ini merupakan tempat para Sultan Deli.

Di sana wisatawan bisa melihat arsitektur bangunan khas Melayu berpadu dengan gaya Persia juga Eropa.

Tak ketinggalan di sana juga terdapat barang peninggalan Belanda hingga foto keluarga Kerajaan Deli.

Inilah rumah Tjong A Fie, Majoor der Chineezen atau walikota pertama untuk komunitas China di Kota MedanKOMPAS.com/Mei Leandha Inilah rumah Tjong A Fie, Majoor der Chineezen atau walikota pertama untuk komunitas China di Kota Medan

2. Rumah Tjong A Fie 

Rumah ini merupakan salah satu wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi yang ada di Jalan Ahmad Yani. 

Bangunan seluas 5.000 meter ini bergaya arsitektur Tiongkok kuno dengan puluhan ruangan. 

Seperti yang dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kota Medan, Tjong A Fie merupakan juwatan pertama di Sumatera. Usahanya begitu sukses dan memiliki hubungan baik dengan Sultan Deli juga para pengusaha perkebunan tembakau di Belanda.

3. Taman Buaya Asam Kumbang

Sekitar lima kilometer dari Kota Medang, tepatnya di Desa Asam Kumabang, Anda bisa berkunjung ke Taman Buaya Asam Kumbang.

Ada sekitar lebih dari 2.000 ekor buata. Taman ini juga dinobatkan sebagai taman reptil terbesar di Indonesia.

Selain melihat, pengunjung bisa memberi makan, hingga berfoto dengan buaya di sana.

Suasana di Merdeka Walk, Medan, Sumatera Utara, Rabu (21/3/2018).ARYA DARU PANGAYUNAN Suasana di Merdeka Walk, Medan, Sumatera Utara, Rabu (21/3/2018).

4. Merdeka Walk

Setelah lelah berkeliling kota, bisa datang ke Merdeka Walk untuk bersantai nikmati suasana kota.

Di sana Anda dapat menikmati hiburan hingga kulineran. Merdeka Walk buka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga tengah malam.

5. Museum Perjuangan

Museum Perjuangan Medan terletak di Jalan Zainul Arifin. Di museum tersebut terdapat benda bersejarah dari ABRI dan rakyat Sumatera Utara. 

Beberapa diantaranya seperti senjata, obat-obatan, hingga seragam perang yang digunakan pada perang kemerdekaan Indonesia melawan pemberontakan pada tahun 1958. 



Close Ads X