Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunungkidul Perkenalkan Destinasi Wisata Baru dengan Trail

Kompas.com - 28/08/2018, 06:18 WIB
Markus Yuwono,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memperkenalkan destinasi wisata lain selain kawasan pantai, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta menggelar acara Trail Trabas Gunung Sewu Expedition, Minggu (26/8/2018). Kegiatan yang diselenggarakan ini diikuti ribuan pecinta motor trail.

Peserta memulai perjalanan dari kawasan Obyek Wisata Sri Gethuk, Desa Bleberan, Kecamatan Playen. Selanjutnya diajak menyusuri track yang disediakan menuju obyek wisata Watu Payung di Kecamatan Girisuko, Kecamatan Panggang.

Selain trail wisata, dalam acara ini juga diperlombakan keahlian peserta dalam melibas Tanjakan Mareta yang memang cukup legendaris di kalangan trabas lokal.

Baca juga: Gunungkidul Belum Tenar di Kalangan Wisman

Kepala Dinpar Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan destinasi yang belum begitu dikenal, menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

"Harapannya semakin dikenal berbagai kawasan wisata yang ada di Gunungkidul, tidak hanya lokal tetapi dunia lebih luas juga mengenal. Ini juga diikuti dari berbagai daerah, bahkan peserta dari luar (negeri) juga," katanya kepada wartawan.

Baca juga: Lembah Ngingrong, Wisata Alam Lengkap di Gunungkidul

Kedatangan peserta dari berbagai daerah tentunya diharapkan menginap dan menikmati Gunungkidul pada malam hari.

"Selain itu dengan event besar diharapkan ke depan juga menambah lama tinggal wisatawan. Jadi mereka yang datang tidak hanya saat acara namun dari hari sebelumnya, hingga seusai acara kalau bisa. Sehingga akan kami tingkatkan juga fasilitas akomodasi," ucapnya.

Bendera star dikibarkan saat Trail Trabas Gunung Sewu Expedition, di Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (26/8/2018).KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Bendera star dikibarkan saat Trail Trabas Gunung Sewu Expedition, di Gunungkidul, DI Yogyakarta, Minggu (26/8/2018).
Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan Trail Trabas Gunung Sewu Expedition bisa semakin memperkenalkan wisata yang beragam. "Sisi lainnya banyak penduduk yang berjualan. Ini kan bisa menambah perekonomian warga. Jadi dampaknya semakin luas," katanya.

Medju, salah seorang mengakui acara trail yang diselenggarakan di Gunungkidul cukup menantang. "Bagus acara trail ini beberapa jalan tadi juga menantang untuk dilewati. Sempat sekali terjatuh juga tadi, tetapi tidak masalah," ujarnya.

"Harapannya ada lagi kegiatan seperti ini yang lebih menantang," imbuhnya.

Salah seorang warga desa Banyusoco, Slamet mengaku senang wilayahnya didatangi ribuan orang dari berbagai pelosok. "Semoga wilayah sini semakin berkembang," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com