Hindari Menulis Ini di Tanda Pengenal Koper - Kompas.com

Hindari Menulis Ini di Tanda Pengenal Koper

Kompas.com - 29/08/2018, 17:23 WIB
Ilustrasi koperSHUTTERSTOCK Ilustrasi koper

JAKARTA, KOMPAS.com - Gantungan pengenal koper kini jadi salah satu perlengkapan wisata yang digunakan banyak orang.

Banyaknya koper dengan bentuk, warna, dan merek yang serupa menjadikan pengenal koper memang membantu wisatawan.

Selain itu pengenal koper juga berguna sebagai pencegahan jika terjadi kesalahan teknis pada maskapai.

Meski begitu, tidak berarti pengenal koper harus memiliki informasi yang sangat lengkap.

Kebanyakan ahli menyarankan jangan menuliskan alamat rumah lengkap di pengenal koper. Sebaiknya tuliskan alamat kantor. Dikutip dari USA Today, saran tersebut diberikan untuk menjaga keamanan rumah wisatawan dari tindakan kriminal seperti perampokan.

Baca juga: Penanganan Kasus Koper Dirusak Berbeda dengan Koper Hilang

Jika tidak ingin menulis alamat di pengenal koper, menurut para ahli juga tak masalah. Asalkan ada beberapa informasi penting lain seperti nama, nomor ponsel, dan alamat email.

Hindari menuliskan alamat email utama, gunakan akun email gratis atau cadangan. Tuliskan juga nama lengkap agar maskapai gampang melacak sesuai dengan nama di tiket penerbangan.

Saat ini pengenal koper tak hanya dalam bentuk konvensional yang harus ditulis. Ada pula dalam bentuk elektronik yang hanya menampilkan barcode untuk di-scan petugas bandara. Pengenal koper elektronik juga terhubung dengan aplikasi ponsel wisatawan.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!



Close Ads X