Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rasa Kue Bulan yang Paling Diminati

Kompas.com - 29/08/2018, 18:20 WIB
Citra Fany Samparaya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kue bulan (mooncake) menjadi kudapan wajib ketika Mid-Autumn Festival berlangsung. Untuk tahun 2018, Mid Autumn akan jatuh pada 24 September 2018.

Seiring perkembangan waktu, kue bulan pun ikut mengembangkan varian rasa. Seperti kue bulan rasa durian yang bisa Anda coba di Tien Chao Restaurant, Gran Melia Jakarta, yang berada di bilangan Kuningan.

Tidak hanya menyuguhkan rasa durian, ada juga varian rasa Lotus Double Yolk, Red Bean, dan Pandan. Keempat varian tersebut merupakan rasa yang paling diminati oleh pembeli.

Empat rasa kue bulan yaitu pandan, lotus kuning telur, kacang merah dan durian yang dijual di Tien Chao, Gran Melia.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Empat rasa kue bulan yaitu pandan, lotus kuning telur, kacang merah dan durian yang dijual di Tien Chao, Gran Melia.

“Kita sudah pernah coba rasa yang lain, tapi pilihannya keempat rasa ini,” tutur Diding, Chef Dimsum and Mooncake ketika ditemui di Tien Chao Restaurant, Gran Melia, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Walaupun muncul berbagai varian baru, rasa original yaitu Lotus Double Yolk tetap paling digemari oleh pembeli.

“Lotus Double Yolk yang paling favorit di sini, kedua Red Bean. Karena unik,” kata pria yang sudah terjun menjadi koki sejak 1996 itu.

Baca juga: Kue Bulan Rasa Durian, Bisa Dibeli di Sini

Pembuatan kue bulan rasa Lotus Double Yolk berbeda dengan varian lainnya, karena dibuat langsung oleh chef Gran Melia Jakarta.

“Untuk isiannya (Pandan, Durian, Red Bean) sebenarnya kita bisa bikin, cuma terhambat waktu, kurang lebih dua jam kita harus ngaduk terus, kadang bisa lebih dari dua jam,” ujar Diding.

Isian Lotus Double Yolk terbuat dari kuning telur asin. Untuk menghilangkan bau amis, telur direndam dengan minyak kacang sebelum dibungkus dengan lotus, kemudian dipanggang.

Dalam pembuatannya, tim chef di Gran Melia Jakarta menggunakan minyak kacang dan biji melon yang sudah dipanggang.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com