Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Juru Masak Kembar Kenalkan ''Silent Cooking Demonstration''

Kompas.com - 31/08/2018, 19:05 WIB
Budiyanto ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dua juru masak kembar yang dikenal ''Twinchefs Indonesia'' yakni Hari Dwi Putra dan Heru Dwi Putra menggelar demonstrasi memasak di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (30/8/2018).

Kedua pemuda asal Jakarta ini memperkenalkan konsep ''Silent Cooking Demonstration''. Konsep demo memasak ini dapat diterapkan dengan peserta para pengunjung di tempat  kuliner sambil menikmati sajian makanan.

''Konsep silent cooking demonstration ini merupakan yang pertama ada di Indonesia,'' ungkap Hari didampingi saudara kembarnya Heru kepada Kompas.com disela-sela demonstrasi memasak dalam acara pembukaan Gerai Foodciti di Citimall, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi.

Baca juga: Viral, Di Malaysia Ada Kuliner Durian Goreng Tepung

Dia menjelaskan dalam konsep ini komunikasi antara chef atau juru masak yang sedang menyampaikan presentasi dengan semua peserta menggunakan headphone. Konsep ini lanjut dia dapat dimanfaatkan dalam kegiatan demo memasak di dalam ruangan atau tempat-tempat kuliner yang bersamaan dengan acara lain.

''Tujuan menggunakan headphone ini di antaranya untuk mengurangi polusi suara. Sehingga para peserta tetap dapat mengikuti demonstrasi memasak dengan nyaman,'' kata alumni jurusan Food Product, Jakarta International Hotel.

''Contohnya, bila di dalam ruangan ada dua kegiatan yang berbeda, satu live music yang satunya demo memasak. Jadi kegiatan presentasi memasak tetap bisa berlangsung dan tidak terganggu dengan acara yang lain,'' sambungnya.

Pada Silent Cooking Demonstration di Sukabumi, kedua juru masak kembar yang sudah sejak kecil menggemari memasak ini memperagakan olahan makanan dengan berbahan dasar chicken nugget.

''Tadi kami bikin sushi roll chicken nugget, rujak chicken nugget dan cokelat chicken nugget. Semua makanan ini menarik sekali untuk dimakan sama anak-anak bersama keluarga di rumah,'' ujar Hari.

Dia menambahkan juga memiliki konsep memasak hanya dalam waktu lima menit. Seperti proses memasak untuk tiga jenis makanan yang dipresentasikan, masing-masing hanya membutuhkan waktu lima menit.

''Lima menit dari awal, mulai memotong hingga selesai. Karena semuanya instan, tinggal goreng, cemplungin cokelat atau siram saus kacang, dan dihidangkan,'' tambahnya.

Sementara Creative and Communication Manager NWP Retail, Indra Febriansyah menuturkan Foodciti merupakan bagian dari proses proyek peremajaan seluruh arena interior dan eksterior di Citimall Sukabumi.

"Di sini ada tujuh gerai berbagai jenis makanan dan minuman yang melibatkan para pengusaha kuliner lokal Sukabumi untuk berusaha di pusat perbelanjaan Citimall," tutur Indra selesai peresmian.

''Konsep Foodciti didesain secara modern dengan konsep open kitchen atau dapur terbuka dan dilengkapi dengan seluruh fasilitas pendukungnya,'' sambung Indra.

Dia mengharapkan dengan kehadiran Foodciti ini dapat memberikan pilihan bersantap makanan dan minuman bagi para pencinta kuliner atau para pengunjung setia Citimall Sukabumi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com