Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barang-barang di Asian Games 2018 yang Layak Dikoleksi

Kompas.com - 01/09/2018, 14:05 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia terbilang sebagai momen langka. Terakhir, Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia 56 tahun silam tepatnya pada 1962.

Waktu penyelenggaran Asian Games empat tahun sekali, tuan rumah yang bergilir, dan bujet penyelenggaraan yang besar membuat memorabilia Asian Games di Indonesia patut dikoleksi.

Koleksi memorabilia Asian Games sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa orang pada 1962. Hingga akhirnya ada beberapa barang yang kini dapat disaksikan di Galeri Nasional Indonesia dan Museum Sejarah Jakarta.

Baca juga: Asian Games, Waktunya Wisata Belanja di 10 Pusat Belanja Jakarta

Berikut ini beberapa barang koleksi Asian Games yang layak dikoleksi, mengingat nilai sejarahnya yang akan terus meningkat di masa mendatang.

1. Tiket Masuk

Jangan buang lembaran tiket masuk pertandingan di Asian Games. Apalagi jika pertandingan yang dihadiri tergolong sebagai momen penting. Seperti momen atlet Indonesia menyabet medali emas, momen politisi berpelukan, dan momen lainnya.

Selain tiket masuk pertandingan, tiket masuk pembukaan dan penutupan Asian Games juga layak dikoleksi.

2. Suvenir Asian Games 2018

Setiap penyelenggaraan Asian Games selalu memiliki maskot. Tak terkecuali di Indonesia pada 2018, maskot yang dipilih adalah Bhin Bhin, Atung, dan Kaka yang mengandung filosofi indah.

Pilihlah suvenir maskot Asian Games yang tidak mudah rusak dan tidak lekang dimakan zaman. Kabar terbaru, suvenir maskot Asian Games 2018 kini mulai langka jelang penutupan.

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto bersama-sama memeluk atlet pencak silat putra Indonesia Hanifan Yudani Kusuma di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018).Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PB IPSI Prabowo Subianto bersama-sama memeluk atlet pencak silat putra Indonesia Hanifan Yudani Kusuma di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

3. Aneka Barang yang Berhubungan dengan Atlet

Ada beberapa atlet yang suka memberi suvenir kepada penonton yang beruntung. Jika belum beruntung, pilihan lain dapat meminta tanda tangan atlet di benda-benda yang berhubungan dengan Asian Games 2018.

Namun perlu diingat, tetap harus menjaga privasi dan keamanan atlet yang ingin diminta tanda tangannya.

4. Perangko

Pos Indonesia menerbitkan perangko khusus Asian Games 2018. Jumlah perangko yang diterbitkan secara nasional hanya 40.000 lembar.

Perangko keluaran khusus Asian Games dari Pos Indonesia. Dok. Pos Indonesia Perangko keluaran khusus Asian Games dari Pos Indonesia.
Pos Indonesia menyebutkan tidak akan menerbitkan ulang perangko Asian Games 2018 jika sudah habis. Benda ini layak untuk dikoleksi.

5. Kliping Berita

Pada penyelenggaraan Asian Games 1962, beberapa orang mengoleksi berita serba-serbi Asian Games. Tidak hanya soal pertandingan tetapi juga soal teknis penyelenggaraan Asian Games.

Meskipun kini di zaman digital, tidak ada salahnya untuk membuat kliping berita koran, digital, dan foto yang disukai dan menurut Anda memiliki nilai berita yang tinggi.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com