Isu Hewan Dibius untuk Berfoto, Ini Tanggapan Taman Safari Indonesia

Kompas.com - 01/09/2018, 16:03 WIB
Pengunjung berfoto dengan burung julang emas (Aceros undulatus) koleksi Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2010). Burung keluarga hornbil yang tersebar di India, Vietnam, dan Indonesia ini terancam punah karena perburuan paruhnya dan habitatnya terganggu. KOMPAS/LUCKY PRANSISKAPengunjung berfoto dengan burung julang emas (Aceros undulatus) koleksi Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/9/2010). Burung keluarga hornbil yang tersebar di India, Vietnam, dan Indonesia ini terancam punah karena perburuan paruhnya dan habitatnya terganggu.


JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam media sosial Twitter ramai menjadi perbincangan warga net yang menyebutkan ada ekploitasi makhluk hidup.

Di dalam sebuah unggahan dari akun Twitter @davidsting414 terdapat sebuah video para pengunjung yang sedang berfoto bersama singa. Dari gerak-gerik hewan tersebut nampaknya singa lemas dan seperti terkantuk-kantuk.

Dari video tersebut warga net pun beranggapan kalau hewan di kebun binatang tersebut dibius agar bisa berfoto- foto bersama pengunjung.

Baca juga: 7 Spot Foto yang Instagram Banget di Istana Panda Taman Safari

Selain itu, nampaknya video diambil di Taman Safari Indonesia, karena terdapat logo di belakangnya. Di Taman Safari Indonesia sendiri memang ada atraksi untuk bisa berfoto bersama hewan, mulai dari singa, harimau, ular, kera, hingga burung. 

 

Menanggapi hal tersebut, Humas Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor, Yulius membantah anggapan para warganet.

“Yang pasti Taman Safari Indonesia tidak pernah melakukan pembiusan. Dan memang jam tidur singa itu tinggi, bisa 12 sampai dengan 14 jam per hari,” kata Yulius saat dihubungi KompasTravel, Kamis (30/8/2018).

Ia menjelaskan, singa merupakan hewan karnivora. Sehingga lebih aktif pada sore hari. Sementara pada siang hari mereka lebih banyak tidur dan beristirahat.

Selagi hewan beristirahat, Yulius menegaskan tidak pernah memaksa satwa untuk berfoto-foto dengan pengunjung.

“Di sana tertera tulisan untuk pengunjung apabila satwa sedang beristirahat (maka tidak dapat berfoto bersama),” katanya.

Adapun hingga saat ini, unggahan dari akun Twitter @davidsting414 telah mendapatkan lebih dari 2.500 retweet dan lebih dari 1.700 likes. 

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X