Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Bisa Dilakukan di Museum House of Sampoerna Surabaya

Kompas.com - 02/09/2018, 19:00 WIB
Citra Fany Samparaya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.comHouse of Sampoerna merupakan sebuah museum kretek Indonesia yang terletak di jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya. Bangunan ini berdiri dengan gaya kolonial Belanda dengan empat pilar besar yang menyangga gedung utama.

Bangunan megah bergaya kolonial Belanda ini dibangun sekitar tahun 1862. Dulunya bangunan ini digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda.

Lalu, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna pada tahun 1932 dan dijadikan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung dan menghabiskan waktu liburan, seperti berikut:

Seorang pengunjung terlihat mengabadikan beberapa koleksi rokok di museum dengan lensa kamera.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Seorang pengunjung terlihat mengabadikan beberapa koleksi rokok di museum dengan lensa kamera.
1. Mengenal sejarah kretek Indonesia

Ketika kaki melangkah masuk ke dalam museum, aroma cengkeh akan menyambut kunjungan Anda.

Bangunan ini berdiri dengan dua lantai, lantai pertama menjadi ruang pameran untuk segala hal yang berkaitan dengan produksi rokok Sampoerna.

Mulai dari beberapa cengkeh yang digunakan untuk membuat rokok, pemantik rokok, replika warung rokok, alat pembuat, deretan foto, hingga sepeda tua yang digunakan pendiri Sampoerna untuk berjualan rokok, hingga peralatan marching band.

Anda juga bisa melihat dari balik kaca transparan proses pembuatan rokok Sampoerna di lantai dua museum ini.

2. Berkeliling Surabaya Gratis

Di halaman museum terparkir sebuah bus berwarna merah khusus untuk mengantarkan pengunjung yang ingin berkeliling Kota Surabaya. Di sini Anda akan ditawarkan agenda keliling Surabaya gratis yang dikemas dalam acara Surabaya Heritage Track.         

Tampak bagian dalam museum House of  Sampoerna KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Tampak bagian dalam museum House of Sampoerna

Selama perjalanan, Anda akan dipandu oleh seseorang yang akan menjelaskan mengenai tempat-tempat yang Anda kunjungi. yang membantu menjelaskan sejarah apa saja dari tempat atau gedung-gedung yang dilewati.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan ini, bisa mengetahui jadwalnya di laman House of Sampoerna.

3. Menikmati kafe

Tampilan kemasan rokok Dji Samsoe.KOMPAS.com / CITRA FANY SAMPARAYA Tampilan kemasan rokok Dji Samsoe.
Setelah lelah melakukan perjalanan mengelilingi m useum kretek ini, Anda bisa bersantai sambil mengisi perut di Cafe yang terletak di sebelah Art Galery.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com