Catat, Ini Festival di Indonesia Bulan September 2018

Kompas.com - 03/09/2018, 13:50 WIB
Para pebalap peserta Tour de Singkarak melintasi tanjakan Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat, pada etape kedua Tour de Singkarak dengan rute Limapuluh Koto-Tanah Datar, Minggu (7/8/2016).KOMPAS/YUNIADHI AGUNG Para pebalap peserta Tour de Singkarak melintasi tanjakan Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Koto, Sumatera Barat, pada etape kedua Tour de Singkarak dengan rute Limapuluh Koto-Tanah Datar, Minggu (7/8/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlibur ke destinasi wisata tidak hanya menikmati wisata alam hingga kuliner yang ada. Akan tetapi wisatawan bisa pula mengunjungi festival yang sedang digelar di daerah tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa festival yang digelar di bulan September 2018 dalam 100 Calendar of Event Wonderful Indonesia 2018.

1. Tour de Singkarak, Sumatera Barat

Tour de Singkarak merupakan agenda balap sepeda internasional yang telah diklasifikasikan Union Cyliste Internationale (UCI) dengan kategori 2.2. Acara ini digelar di Sumatera Barat mulai 5 hingga 14 September 2018.

2. Solo International Performing Art (SIPA), Jawa Tengah

Acara ini merupakan pergelaran internasional yang akan menampilkan beragam seni dari berbagai negara. Seluruh masyarakat dapat menyaksikan pergelaran ini pada 6 hingga 8 September 2018 di Solo.

3. Eight Festival (F8), Sulawesi Selatan

Dalam pergelaran ini, masyarakat juga wisatawan bisa melihat serangkaian acara gabungan dari delapan unsur. Diantaranya fashion, food, fiction writers & fonts, fine art, folks, fusion music, flora & fauna, dan film. Acara ini akan digelar di Makassar pada 6 hingga 10 September 2018.

4. Malang Flower Carnival, Jawa Timur

Acara karnaval tahunan ini akan menghadirkan ragam busana dari bahan daur ulang dan 75 persen busana menggunakan ornamen bunga. Karnaval ini digelar di Malang pada 9 September.

5. Festival Moyo, Nusa Tenggara Barat

Pengunjung bermain air dan melihat ikan kecil di Takat Sagele, Kawasan Pulau Moyo, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Selasa (28/3/2017). Selain menjadi surga para penyelam permukaan (snorkeling), Takat Sagele yang merupakan pulau mini dari karang ini juga menarik para wisatawan untuk sekedar berfoto ataupun terun bersandar melihat permukaan dangkal.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Pengunjung bermain air dan melihat ikan kecil di Takat Sagele, Kawasan Pulau Moyo, Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Selasa (28/3/2017). Selain menjadi surga para penyelam permukaan (snorkeling), Takat Sagele yang merupakan pulau mini dari karang ini juga menarik para wisatawan untuk sekedar berfoto ataupun terun bersandar melihat permukaan dangkal.
Festival ini akan digelar di Sumbawa pada 10 September hingga 8 Oktober 2018. Wistawan bisa melihat serangkaian acara yang lekat dengan tradisi, budaya, dan kekayaan alam lokal Sumbawa.

6. Festival Tabut Bengkulu

Acara ini diselenggarakan dalam memperingati Tahun Baru Islam. Akan ada ragam lomba, pawai, bazar, hingga ritual budaya. Festival ini diselenggarakan pada 10 hingga 20 September 2018 di Bengkulu.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X