Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Restoran Berlabel Michelin Star Termurah di Dunia

Kompas.com - 04/09/2018, 07:00 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.comMakanan merupakan salah satu yang paling dicari ketika berlibur. Tak hanya lezat, tetapi juga makanan murah yang banyak diincar.

Banyak orang beranggapan, makanan di dunia yang berlabel Michelin Star memasang harga yang cukup tinggi, padahal sebaliknya tak semuanya mahal.

Traveloka telah melakukan penelitian dan hasilnya terdapat 50 makanan berlabel Michelin Star yang paling terjangkau di dunia.

“Sebenarnya Michelin Guide telah merekomendasikan berbagai restoran terbaik di dunia, tetapi sebagian besar restoran menyuguhkan makanan dengan harga lebih dari 500 dollar. Traveloka berinisiatif untuk membuat daftar restoran berlabel Michelin Star yang menawarkan makanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” ujar SVP Business Development Traveloka, Christian Suwarna dalam keterangan tertulis.

Dari penelitian tersebut, delapan dari 10 makanan berlabel Michelin Star terjangkau di dunia dapat dinikmati di restoran di Asia Timur dan Asia Tenggara.

Hidangan termurah dalam daftar itu seharga 2,20 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 23.000, yang berasal dari street food Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle di Singapura.

Sementara makanan yang paling hemat di Eropa dengan label Michelin Star ada di Spanyol. Tepatnya di L'Antic Moli, yang terletak di antara Barcelona dan Valencia, seharga 16,90 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 250.000.

Kemudian makanan Michelin Star termurah di Amerika Serikat tersedia di Al's Place di San Francisco seharga 18 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 265.000.

Dari 50 Rekomendasi restoran yang dibuat Traveloka, salah satunya mendapat dua bintang Michelin Star. Restoran tersebut adalah Tuju di Sao Paulo, Brazill. Menu makanan yang ditawarkan di sana seharga 21,80 dollar atau sekitar Rp 320.000.

Dari rekomendasi tersebut, Christian berharap dapat memberikan kesempatan pada wisatawan untuk menikmati makanan lezat di berbagai belahan dunia tanpa takut menguras isi dompet.

Berikut daftar lengkap 50 rekomendasi restoran dengan harga terjangkau berlabel Michelin Star di dunia versi Traveloka.

1. Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle, Singapura

2. Tim Ho Wan, Hongkong

3. Hamo, Seoul, Korea Selatan

4. Chugokusai S.Sawada, Osaka, Jepang

5. Jay Fai, Bangkok, Thailand

6. Ginza Ibuki, Tokyo, Jepang

7. Three Coins, Taipei, Taiwan

8. Lao Zheng Xing, Shanghai, China

9. L'Antic Moli, El Castell, Spanyol

10. Al's Place, San Fransisco, Amerika

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com