5 Kuliner Khas Medan yang Wajib Dicoba

Kompas.com - 04/09/2018, 14:28 WIB
Seporsi Mi Gomak yang disiram kuah seperti santan dengan aneka isi seperti kacang teri, labu, kacang panjang, tahu, serta telur olahan Lasman Ambarita atau Ibu Mei di Pasar Tiga Raja, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Seporsi Mi Gomak dijual Ibu Mei dengan harga Rp 8.000.KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Seporsi Mi Gomak yang disiram kuah seperti santan dengan aneka isi seperti kacang teri, labu, kacang panjang, tahu, serta telur olahan Lasman Ambarita atau Ibu Mei di Pasar Tiga Raja, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Seporsi Mi Gomak dijual Ibu Mei dengan harga Rp 8.000.

KOMPAS.com – Berlibur ke Medan, rasanya tak lengkap bila tak menyicipi kuliner khasnya.

Tak hanya durian, banyak pula makanan khas Medan mulai dari lontong hingga soto. Berikut daftarnya seperti dihimpun KompasTravel.

1. Lontong Medan

Pagi hari, mungkin Anda bisa mencicipi makanan ini. Lontong Medan terdiri dari lontong, sayur santan, sambal, teri, tauco, mi, dan bumbu kacang.

Aneka lauk yang bisa Anda pilih seperti telur balado, ayam, hingga rendang.

Hidangan ini bisa Anda temukan di rumah makan yang buka sejak pagi hari, salah satunya Lontong Kak Lin yang terletak di Jalan Jalan Teuku Cik Ditiro.

Soto medan. TRIBUN MEDAN/SILFA HUMAIRAH Soto medan.

2. Soto Medan

Tidak hanya di Jawa, Medan juga punya soto. Khasnya soto medan adalah kuah santan kental bewarna kuning kehijauan.

Isi soto medan bisa berisi daging sapi atau ayam. Anda juga bisa memilih perkedel kentang atau rempeyek udang sebagai pelengkap hidangan.

Soto medan yang paling terkenal di Medan ada di Rumah Makan Sinar Pagi, Jalan Sei Deli.

3. Mi Gomak 

Mi gomak disebut-sebut sebagai spaghetti khas tanah Batak, karena bentuknya cukup besar. Teksturnya kenyal, berdiameter besar, dan lebih panjang dari pasta. 

Halaman:



Close Ads X