Menginap di Jantung Kota Malang, Hotel Tugu nan Ikonik

Kompas.com - 07/09/2018, 07:20 WIB
Salah satu kamar di Hotel Tugu Malang. Kompas.com/Silvita AgmasariSalah satu kamar di Hotel Tugu Malang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua orang Malang tahu letak Hotel Tugu. Lokasinya memang sangat strategis, berada di pusat Kota Malang, Jawa Timur. Tepatnya di seberang Alun-Alun Tugu, Jalan Tugu Nomor 3.

Hotel Tugu bersanding bersama gedung-gedung penting lain seperti Gedung Balai Kota Malang, Gedung DPRD Malang, dan Aula Skodan V Brawijaya. Saking terkenalnya Hotel Tugu, hotel ini menjadi salah satu ikon Malang.

"Konsep hotel kami adalah rumah besar, di mana tamu kami sambut seperti keluarga yang datang dari jauh. Di sini juga tamu tidak sekedar tidur dan makan, tetapi bisa mengenal dan mempelajari sejarah kita yang begitu banyak dan semoga menjadi tak terlupakan," jelas Human Resource Manager Hotel Tugu Malang, Ilham ditemui KompasTravel, Selasa (2/9/2018).

Lukisan Oei Hui Lan, kerabat pendiri Tugu Group.Kompas.com/Silvita Agmasari Lukisan Oei Hui Lan, kerabat pendiri Tugu Group.

Hotel Tugu Malang memang bukan sekadar penginapan. Hotel ini bak museum dengan berbagai barang antik yang dipajang dengan apik dan menyimpan kisah menarik.

Setidaknya ada tujuh ruangan yang memamerkan barang antik dengan tema unik. Seperti Ruang Raja, Bangsal Merah, Ruang Baba, Tirta Gangga, dan Ruang Soekarno.

Ruangan tersebut diisi oleh koleksi barang antik dari pendiri Tugu Group, Anhar Sejadibrata. Ia merupakan kerabat dekat dari Oey Tiong Ham, Raja Gula dari Semarang. Oey disebut sebagai orang terkaya se-Asia Tenggara pada zamannya.

Salah satu ruang makan di Hotel Tugu Malang.Kompas.com/Silvita Agmasari Salah satu ruang makan di Hotel Tugu Malang.

Sehingga banyak koleksi di Hotel Tugu Malang merupakan benda warisan keluarga Oey yang bernuasana peranakan, China-Jawa.

Istimewanya, setiap tamu yang berkunjung ke Hotel Tugu Malang akan dibawa berkeliling oleh staf hotel dan dijelaskan mengenai kisah dari setiap ruangan. 

Pengalaman Menginap di Hotel Tugu Malang

Hanya ada 49 kamar hotel di Hotel Tugu Malang. Kamar terdiri dari Superior Deluxe, Executive Suite, Zamrud Suite, Honeymoond Suite, Raden Saleh Suite, dan Apsara Suite.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X