Menginap di Jantung Kota Malang, Hotel Tugu nan Ikonik - Kompas.com

Menginap di Jantung Kota Malang, Hotel Tugu nan Ikonik

Kompas.com - 07/09/2018, 07:20 WIB
Salah satu kamar di Hotel Tugu Malang.Kompas.com/Silvita Agmasari Salah satu kamar di Hotel Tugu Malang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir semua orang Malang tahu letak Hotel Tugu. Lokasinya memang sangat strategis, berada di pusat Kota Malang, Jawa Timur. Tepatnya di seberang Alun-Alun Tugu, Jalan Tugu Nomor 3.

Hotel Tugu bersanding bersama gedung-gedung penting lain seperti Gedung Balai Kota Malang, Gedung DPRD Malang, dan Aula Skodan V Brawijaya. Saking terkenalnya Hotel Tugu, hotel ini menjadi salah satu ikon Malang.

"Konsep hotel kami adalah rumah besar, di mana tamu kami sambut seperti keluarga yang datang dari jauh. Di sini juga tamu tidak sekedar tidur dan makan, tetapi bisa mengenal dan mempelajari sejarah kita yang begitu banyak dan semoga menjadi tak terlupakan," jelas Human Resource Manager Hotel Tugu Malang, Ilham ditemui KompasTravel, Selasa (2/9/2018).

Lukisan Oei Hui Lan, kerabat pendiri Tugu Group.Kompas.com/Silvita Agmasari Lukisan Oei Hui Lan, kerabat pendiri Tugu Group.

Hotel Tugu Malang memang bukan sekadar penginapan. Hotel ini bak museum dengan berbagai barang antik yang dipajang dengan apik dan menyimpan kisah menarik.

Setidaknya ada tujuh ruangan yang memamerkan barang antik dengan tema unik. Seperti Ruang Raja, Bangsal Merah, Ruang Baba, Tirta Gangga, dan Ruang Soekarno.

Ruangan tersebut diisi oleh koleksi barang antik dari pendiri Tugu Group, Anhar Sejadibrata. Ia merupakan kerabat dekat dari Oey Tiong Ham, Raja Gula dari Semarang. Oey disebut sebagai orang terkaya se-Asia Tenggara pada zamannya.

Salah satu ruang makan di Hotel Tugu Malang.Kompas.com/Silvita Agmasari Salah satu ruang makan di Hotel Tugu Malang.

Sehingga banyak koleksi di Hotel Tugu Malang merupakan benda warisan keluarga Oey yang bernuasana peranakan, China-Jawa.

Istimewanya, setiap tamu yang berkunjung ke Hotel Tugu Malang akan dibawa berkeliling oleh staf hotel dan dijelaskan mengenai kisah dari setiap ruangan. 

Pengalaman Menginap di Hotel Tugu Malang

Hanya ada 49 kamar hotel di Hotel Tugu Malang. Kamar terdiri dari Superior Deluxe, Executive Suite, Zamrud Suite, Honeymoond Suite, Raden Saleh Suite, dan Apsara Suite.

Setiap jenis kamar didekorasi berbeda dan memiliki perabot antik. Meski berdekorasi klasik sama sekali tidak ada nuansa suram apalagi seram di Hotel Tugu Malang. Setidaknya itu yang dirasakan KompasTravel menginap selama dua malam di hotel ini.

Kolam renang di Hotel Tugu Malang.Kompas.com/Silvita Agmasari Kolam renang di Hotel Tugu Malang.

Berbagai fasilitas bagi para tamu seperti kolam renang, sarapan ala carte, sesi minum teh sore setiap hari, kelas aktivitas seperti memasak, merangkai bunga, bersepeda di sudut Malang membuat tamu semakin kerasan menginap di hotel ini.

Hotel Tugu Malang juga memiliki dua restoran yakni Restoran Melati dengan hidangan andalan kulier Nusantara, Barat, dan Asia dan SaigonSan dengan kuliner khas Thailand, Kamboja, dan Vietnam. Ada juga Banlam Bar tempat menyesap anggur di lokasi yang santai.

Hotel ini juga memiliki toko kue dan roti dengan resep kuno dari zaman Belanda yaitu Und Croner dan butik untuk berbelanja batik dan perhiasan etnik, Shanghai Noon Boutique.

Harga menginap di Hotel Tugu Malang mulai dari Rp 1.488.000 untuk di kamar Superior Deluxe per malam. Sedangkan untuk menginap di kamar terbaik Apsara Suite dihargai Rp 15 juta per malam.



Close Ads X