Kebakaran Hutan, Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup

Kompas.com - 08/09/2018, 18:40 WIB
Kebakaran hutan dan lahan landa di Gunung Sindoro, Sabtu (8/9/2018). DOK. BNPBKebakaran hutan dan lahan landa di Gunung Sindoro, Sabtu (8/9/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebakaran hutan dan lahan landa di kawasan Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah terjadi sejak Sabtu (8/9/2018) sekitar pukul 14.59 WIB.

Dalam keterangan tertulis, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan dampak dari peristiwa kebakaran tersebut, Perhutani menutup semua jalur pendakian Gunung Sindoro.

Penutupan jalur pendakian dimulai sejak hari ini, Sabtu 8 September 2018 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sutopo juga menjelaskan bahwa peristiwa tersebut melanda Gunung Sindoro Petak 10 dan masih melebar. Namun tak ada korban jiwa dari terjadinya peristiwa ini.

“Kronologi kebakaran menurut laporan masyarakat, pada Jum'at malam (7/9/2018) pukul 21.00 WIB, titik api terlihat di Gunung Sundoro pos 2 wilayah Kabupaten Wonosobo. Api terus merembet ke Timur dan sampai ke daerah Hutan Kabupaten Temanggung pada pukul 11.00 WIB dan sampai saat ini api masih terus merembet,” tulis Sutopo.

Upaya pemadaman terus dilakukan secara manual oleh BPBD Temanggung, petugas Perhutani, relawan dan masyarakat.

Akan tetapi api masih sulit dipadamkan karena angina bertiup kencang sehingga api terus merambat.

Kemudian juga terbatasnya air, perlatan, dan melihat lokasi kebakaran yang cukup sulit dijangkau.

Dengan demikian, Sutopo mengimbau agar masyarakat juga para pendaki dapat menaati aturan yang telah ada soal penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X