Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Sisi Lain Aceh di Gayo Alas Mountain International Festival 2018

Kompas.com - 08/09/2018, 19:16 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Bicara Aceh mungkin tak lepas dari konflik, bencana tsunami, sampai kuliner seperti mi aceh atau kopi saring khas Aceh.

Bayangan lain soal Aceh tentu adalah destinasi wisata favoritnya, seperti Masjid Raya Baiturrahman, Pantai Lampuuk, Sabang, Pulau Weh, Museum Tsunami, Danau Laut Tawar, dan Pantan Terong.

Namun, Provinsi Aceh sebenarnya memiliki kekayaan alam dan budaya yang tak ada habisnya untuk dinikmati oleh wisatawan, apalagi di wilayah tengah-tenggara Aceh.

Semua wisata itu akan ditampilkan dalam ajang Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 yang akan digelar selama lebih kurang tiga bulan.

Baca juga: Festival Internasional Dataran Tinggi Gayo-Alas Siap Digelar

Gayo merupakan nama suku kedua terbesar setelah Suku Aceh, yang tersebar di Takengon, Bener Meriah dan Gayo Lues. Sementara Alas adalah nama suku yang menempati Kabupaten di Aceh Tenggara, dengan nama ibukota Kutacane.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, ajang GAMIFest merupakan sebuah usulan dari Presiden Joko Widodo setelah meresmikan Bandara Rembele Takengon pada 2 Juni 2016 di Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Presiden saat itu sempat menyinggung keinginannya agar membuat kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan dan pariwisata di Dataran Tinggi Gayo-Alas.

Kemudian sejumlah tokoh Gayo yang ada di Jakarta merespon itu dan membahas agenda kegiatan bersama perwakilan Pemerintah Aceh dan Kemenko PMK, disepakatilah nama kegiatan GAMIFest 2018.

Bertajuk "The Power of Nature," Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh telah merilis dua puluhan event kebudayaan dan pariwisata yang diusung oleh komunitas di Takengon, yakni tari massal, handycraft and photo expo, Pentas Wonderful Gayo Alas, Coffee and Culine]ary Festival, Jet Ski Exhibition yang akan digelar di Danau Laut Tawar, Paramotor Show, Takengon Rafting di Sungai Peusangan, Pawai Budaya Gayo Alas, Pacu Kuda Tradisional, Lomba Perahu Tradisional, Camping 100 Tenda, dan beragam atraksi lainnya.

Sementara di Kabupaten Bener Meriah akan digelar Festival Panen Kopi, Burni Telong Expidition, serta Aceh Bike Cross Country.

Demikian dengan di Kabupaten Aceh Tenggara atau Kutacane, Festival Arung Jeram dan Festival Leuser Agara akan menjadi rangkaian GAMIFest.

Kabupaten Gayo Lues juga akan turut serta dengan menghadirkan Saman sebagai andalan, dengan menghadirkan Festival Budaya Saman lewat even Saman Sara Lo Sara Ini atau Saman Dua Hari Dua Malam, dengan melibatkan 11 Kampung di 11 Kecamatan di Kabupaten Gayo Lues.

Program ini merupakan gagasan Flatfom Indonesiana yang menggandeng Kemendikbud RI dengan pemerintah daerah berjuluk Negeri Seribu Bukit tersebut.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka GAMIFest 2018 di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, pada 14 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com