Rekomendasi Bagi Anda yang Pertama Kali Liburan ke Cebu Filipina - Kompas.com

Rekomendasi Bagi Anda yang Pertama Kali Liburan ke Cebu Filipina

Kompas.com - 10/09/2018, 16:17 WIB
Yap Sandiego Ancestral House di Cebu City, Filipina.KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Yap Sandiego Ancestral House di Cebu City, Filipina.

JAKARTA, KOMPAS.com – Untuk Anda yang baru pertama kali berkunjung ke Filipina, Cebu adalah tempat yang wajib untuk didatangi karena punya lokasi yang strategis.

Cebu merupakan pulau terbesar ke sembilan di Filipina dan termasuk dalam kepulauan Visayas. Cebu juga menjadi kota tertua dan ibu kota pertama di Filipina serta merupakan kota metropolitan sekaligus pusat budaya Visayas.

Kota ini juga dijuluki Queen City of the South, terkenal sebagai tropical paradise yang menyajikan pantai-pantai alami dengan pasir putih yang begitu halus seperti tepung.

Cebu juga memiliki nilai sejarah cukup tinggi. Pulau ini merupakan bekas jajahan Spanyol karena di sinilah Ferdinand Magellan mendarat pertama kali pada tahun 1521 untuk menjajah Filipina.

Ini bisa dilihat dari berbagai bangunan bekas peninggalan Spanyol. Ada Fort San Pedro yang menjadi benteng tertua di Filipina dan Magellans Cross. 

Fort San Pedro di Cebu City, Filipina, Rabu (27/6/2018).KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Fort San Pedro di Cebu City, Filipina, Rabu (27/6/2018).
Jika ingin mengenal dan menyusuri sejarah Cebu dari masa raja Humabon sampai kanonisasi St. Pedro Calungsod, Anda bisa mengunjuni The Heritage of Cebu Monument yang berada di Plaza Parian Cebu City.

Ada juga Yap Sandiego Ancestral House, rumah tinggal tertua yang dibangun sekitar 1675 dengan arsitekrur China yang unik dari kayu dan batu koral. 

Tidak hanya bangunan bersejarah, di sini Anda juga bisa berburu kuliner. Sugbo Mercado Market di kawasan IT Park wajib untuk dikunjungi pencinta kuliner.

Anda bisa mencoba berbagai kuliner, seperi puso, nasi yang diisi dalam daun kelapa dan lechon yang terbuat dari daging babi, hingga makanan laut segar di restoran Su-Tu-Kil.

Museum mangga kering yang diproduksi Profood di Cebu, Filipina.KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN Museum mangga kering yang diproduksi Profood di Cebu, Filipina.
Untuk Anda yang punya hobi menyelam, berenang dan berbagai aktivitas air, Pulau Pescador di Cebu bisa dituju. Anda bisa merasakan sensasi berenang dengan Whale Shark di Oslob. Di sini, Anda bisa melihat berbagai binatang-binatang laut hingga kawanan ikan sarden. 

Ingin aktivitas lain, Anda juga bisa menyaksikan langsung pembuatan mangga di Manggo Factory. Anda bisa melihat proses pemilihan mangga, pengupasan, pengemasan, hingga membeli mangga untuk oleh-oleh dengan harga lebih murah.

Untuk bisa sampai ke sini, Anda harus menempuh sekitar satu jam perjalanan menggunakan pesawat dari Manila.

 

 

 


Close Ads X