Pantai Wambar, Laut Biru Jernih Berpasir Putih di Fakfak Papua Barat

Kompas.com - 11/09/2018, 13:12 WIB
Pohon kelapa yang condong ke laut menjadi salah satu spot foto di Pantai Wambar Fakfak Papua BaratKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Pohon kelapa yang condong ke laut menjadi salah satu spot foto di Pantai Wambar Fakfak Papua Barat


FAKFAK, KOMPAS.com - Salah satu pantai yang wajib dikunjungi jika berkunjung ke Fakfak Papua Barat adalah Pantai Wambar. Dari pusat kota Fakfak dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan kendaraan roda dua.

Tak usah khawatir bosan, saat menempuh perjalanan. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah seperti tebing-tebing dengan air berwarna biru atau sederatan pohon pala yang sedang berbuah.

Jika beruntung, Anda akan bertemu dengan rusa liar yang melenggang santai di tengah jalan. Letak Pantai Wambar berada di tepi jalan. Ada petunjuk tulisan sederhana yang mudah dibaca oleh pengunjung yang pertama kali datang ke pantai tersebut.

Pantai Wambar Fakfak Papua Barat memiliki air yang jernih dan pasir putihKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Pantai Wambar Fakfak Papua Barat memiliki air yang jernih dan pasir putih

Pantai Wambar memiliki pasir berwarna putih bersih, dengan laut tenang tanpa ombak sehingga cocok untuk berenang dan bermain air.

"Seperti kolam renang raksasa pribadi. Bersih dan jernih sekali airnya," kata Ido, salah satu pengunjung asal Jayapura.

Bahkan pengunjung bisa langsung melihat ikan-ikan kecil yang berenang di laut yang dangkal.

Seorang anak sedang bermain bola di pantai Wambar Fakfak Papua BaratKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Seorang anak sedang bermain bola di pantai Wambar Fakfak Papua Barat

Namun yang wajib dilakukan jika berkunjung ke Pantai Wambar adalah foto dengan latar belakang pohon kelapa yang condong ke laut. Dengan latar belakang langit yang biru, pasir putih bersih dan tebing yang berada di kejauhan akan menghasilkan foto yang bagus.

"Setiap sudut pantai Wambar cantik. Tapi juaranya memang foto di kelapa itu. Katanya belum ke Wambar kalau belum foto di tempat itu," kata Ida, salah satu warga Fakfak kepada Kompas.com.

Menurutnya, Pantai Wambar menjadi pilihan masyarakat Fakfak jika ingin berlibur.

"Selain bagus dan pemandangannya cantik, tidak banyak masyarakat yang kesini. Yang banyak ke Pasir Putih di sebelah pantai ini. Jadi di sini relatif lebih sepi," jelasnya.

Pantai Wambar Fakfak Papua BaratKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Pantai Wambar Fakfak Papua Barat

Jika berkunjung ke Pantai Wambar, pastikan untuk membawa baju ganti untuk berenang. Untuk bilas sudah disediakan air sumur di tepi pantai atau bisa juga menggunakan kamar mandi milik warga sekitar.

Selain itu tidak ada salahnya membawa makanan serta minuman sendiri karena masih belum banyak warung di sekitar pantai. Untuk masuk ke Pantai Wambar, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk tetapi cukup membayar parkir kendaraan.

Selamat menikmati indahnya Indonesia.




Close Ads X