5 Fakta Menarik Istana Changdeokgung yang Dikunjungi Jokowi - Kompas.com

5 Fakta Menarik Istana Changdeokgung yang Dikunjungi Jokowi

Kompas.com - 11/09/2018, 17:15 WIB
Istana Changdeokgung Korea SelatanDOK. Korea Tourism Organization Istana Changdeokgung Korea Selatan


JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo berkunjung ke Seoul, Korea Selatan dan mendapatkan penyambutan di salah satu istana tua bersejarah yakni Istana Changdeokgung.

Saat penyambutan seperti yang tertulis dalam akun media sosial Instagram Jokowi, bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dan disambut dengan tarian selamat datang Hyang-ak-jeong-jae.

Berikut ini merupakan fakta-fakta menarik dari Istan Changdeok, Seoul, Korea Selatan.

1. Istana kerajaan kedua

Seperti yang dilansir dari laman resmi Visit Korea, Istana Changdeokgung merupakan tempat kediaman kerajaan kedua yang dibangun setelah Istana Gyeongbukgung.

Lahan istana terdiri dari area istana publik, bangunan tempat tinggal keluarga kerajaan, dan taman belakang.

2. Kediaman Dinasti Joseon

Istana ini mulai menjadi tempat tinggal pada zaman Dinasti Joseon pada 1392 hingga 1910.

Istana Changdeokgung Korea SelatanDOK. Korea Tourism Organization Istana Changdeokgung Korea Selatan

3. Situs warisan dunia UNESCO

Istana Changdeokgung diakui sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada Desember 1997 selama pertemuan komite di Naples, Italia.

4. Terkenal dengan Taman Belakangnya

Istana ini terkenal dengan taman belakangnya, juga disebut Huwon, dibangun pada masa pemerintahan Raja Taejong sebagai tempat peristirahatan anggota keluarga kerajaan.

Terdapat beberapa paviliun seperti Buyongjeong, Buyongji, Juhabru, Eosumun, Yeonghwadang, Bullomun, Aeryeonjeong, dan Yeongyeongdang serta air mancur di taman tersebut.

Lalu juga ada pohon raksasa yang berusia lebih dari 300 tahun. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke sana adalah saat musim gugur.

Istana Changdeokgung Korea SelatanDOK. Korea Tourism Organization Istana Changdeokgung Korea Selatan

5. Jam berkunjung ke Istana Changdeokgung

Untuk jam buka istana dan taman belakang memiliki waktu buka yang berbeda. Bila Anda ingin berkunjung ke Huwon, maka harus menggunakan pemandu wisata.

Secara detil, kunjungan ke istana pada bulan Februari hingga Mei dan September hingga Oktober buka pukul 09.00 hingga 18.00. Bulan Juli hingga Agustus 09.00 hingga 18.30, dan bulan November hingga Januari pukl 09.00 hingga 17.30.

Sementara kunjungan ke Huwon atau taman belakang, bulan Maret hingga Mei dan September Oktober buka pukul 10.00 hingga 17.30.

Lalu bulan Juni hingga Agustus 10.00 hingga 18.00, Februari dan November mulai pukul 10.00 hingga 17.00, dan bulan Desember hingga Januari mulai pukul 10.00 hingga 16.30.



Close Ads X