Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Cultural Festival 2018 Digelar di Azerbaijan

Kompas.com - 11/09/2018, 20:05 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan menyelenggarakan Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 di Kota Baku, Azerbaijan pada 11, 13, 14, 15, dan 16 September 2018.

Tempat pagelaran ICF 2018 berada di Kota Baku tepatnya di Heydar Aliyev Sarayi dan Fountaine Square. Tema ICF tahun ini adalah “keeping the archipelago greatest culture alive”.

“ICF 2018 akan menorehkan sejarah bagi Indonesia, lantaran acara ini dilaksanakan di jantung Kota Baku Azerbaijan. Akan ada ratusan ribu warga Azerbaijan dan wisatawan mancanegara menikmati budaya Indonesia dan produk asli Indonesia,” kata Husnan Bey Fananie di Baku Azerbaijan, Senin, (10/9/2018) dalam keterangan tertulis.

Dalam ICF 2018, festival ini hadir dilengkapi dengan kuliner hingga mempromosikan produk asli Indonesia.

Field Director Indonesian Cultural Festival 2018, Yogi Arifiandy mengatakan ada 80 orang delegasi dari Indonesia.

Para pengunjung pun bisa menikmati kuliner yang ada dihidangkan seperti kue basah hingga kue bolu.

Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 di Kota Baku Azerbaijan. DOK. KBRI Azerbaijan Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 di Kota Baku Azerbaijan.

“Kuliner dalam bentuk matang dipamerkan oleh WNI di sana di-organize oleh Dharma Wanita KBRI Baku Azerbaijan. Sepanjang festival dipamerkan kue khas nusantara,” kata Yogi.

Ia menjelaskan ingin memperkenalkan ke khasan Indonesia melalui festival ini. Nantinya juga kue-kue khas ini dan kudapan akan dikonsumsi sambil minum teh.

“Dari Indonesia kita juga bawa beberapa produk pangan seperti cokelat hingga gula aren bubuk dan cair,” tambahnya.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang Barat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bersama Srikandi Jakarta.

Dukungan secara langsung untuk mempromosikan produk asli Indonesia di Baku Azerbaijan.

Seperti Batik Betawi Gobang, Delima Candi Amazing, PT PASI, Batik Coretta Indonesia, Kerajinan Kayu Larasindo Furniture dari Klaten Jawa Tengah, PT. Langlang Buwana, KK Shop (Batik Cake), Altra Tour and Travel.

Kemudian kerajinan SanCraft juga menghadirkan Atlet Pencak Silat dari Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Kaligrafer Nasional utusan Kemenag RI dan Reog Ponorogo dari sanggar Sabuk Janur dari Ponorogo, Jawa Timur.

Guest Star Jasser dari Indonesia Dwiki Darmawan, Ita Purnama Sari dan Amelia Ong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com